Di KTT APEC, Jokowi Ingatkan Soal Bogor Goals

Presiden Jokowi saat memberi keterangan pers. (Foto dokumentasi)
Sumber :
  • Youtube Sekretariat Presiden

VIVA - Presiden Jokowi menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (KTT APEC) secara virtual Jumat malam, 20 November 2020. Dari Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Jokowi meminta negara-negara yang tergabung dalam forum tersebut mempererat hubungan terutama di masa pandemi COVID-19.

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

Jokowi kembali mengingatkan, 'Bogor Goals' yang pernah terjadi setelah para pemimpin APEC kala itu bertemu di kota hujan di tahun 1994. Terjadi kesepatan perdagangan dengan sistem pasar terbuka.

"Saat ini saya berada di Bogor, tempat kelahiran Bogor Goals 26 tahun yang lalu. Saya kembali membaca Bogor Goals dan menemukan berbagai terobosan besar yang masih sangat relevan,” ujar Jokowi saat berpidato dalam KTT APEC tahun 2020 melalui konferensi video.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Baca juga: Di APEC, Jokowi Jualan Kemudahan Berbisnis di RI via Omnibus Law

Jokowi menekankan Bogor Goals mengakui adanya perbedaan kondisi antara ekonomi maju dan berkembang. Di antara gap itu, Jokowi mengungkit kembali mengenai spirit saling membantu, bekerja sama, untuk mencapai tatanan ekonomi yang menguntungkan semua.

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

"Kini saatnya kita membangun kembali komitmen sekuat 1994 untuk merajut visi kita pasca-2020,” kata Jokowi.

Menurut Jokowi, kondisi ekonomi anggota APEC saat ini menghadapi masa-masa sulit. Produk Domestik Bruto (PDB) APEC mengalami kontraksi hingga 2,7 persen, diikuti 74 juta penduduk ekonominya kehilangan mata pencarian.

Jokowi pun memberi kiat atau solusi agar bersama-sama keluar dari masa sulit ini. "Pertama, merajut kembali strategic trust," kata Jokowi.

Selanjutnya, Jokowi meminta anggota ekonomi APEC mereaktiviasi pertumbuhan ekonomi. Harapannya, pada tahun depan terjadi pertumbuhan positif.

"Upaya kita harus dimulai dari sekarang. Perjalanan bisnis esensial harus didorong termasuk dengan optimlisasi APEC Business Travel Card yang dilengkapi protokol kesehatan," tegas Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya