IHSG Dibuka Menghijau, Vaksin COVID-19 Bikin Investor Optimistis

Karyawan mengamati layar yang menampilkan informasi pergerakan IHSG di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (26/6/2020). (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG menghijau di level 5.688 pada pembukaan perdagangan Selasa 24 November 2020. Posisi itu menguat 35 poin atau 0,63 persen, dibanding penutupan perdagangan Senin 23 November 2020 di level 5.652.

IHSG Hari Ini Diprediksi Kembali Menguat Ditopang Fundamental Ekonomi RI

Analis Reliance Sekuritas, Lanjar Nafi, memprediksi, IHSG berpotensi bergerak tertahan dengan kecenderungan menguat terbatas pada perdagangan hari ini.

Baca jugaSyarat Guru Honorer Kemendikbud Bisa Cairkan Subsidi Gaji Rp1,8 Juta

Elon Musk Batalkan Kunjungan ke India, Ini Alasannya

"Optimisme investor dalam negeri berlanjut mengiringi penguatan ekuitas global yang kembali risk off setelah perkembangan vaksin COVID-19 yang mendekati fase terakhir," kata Lanjar dalam keterangan tertulisnya, Selasa 24 November 2020.

Lanjar menjelaskan, pemerintah Indonesia pun merencanakan vaksinasi dilakukan pada akhir 2020 atau awal 2021. Di mana saat ini pemerintah sedang melakukan simulasi pendistribusian vaksinasi.

IHSG Dibuka Menguat tapi Minim Sentimen, Cermati Rekomendasi Saham Hari Ini

Secara global, optimisme investor terhadap perkembangan vaksin COVID-19 juga tumbuh, setelah AstraZeneca Plc mengatakan prosedur uji coba vaksinnya memasuki tahap akhir.

"Diperkirakan IHSG berpotensi bergerak tertahan dengan kecenderungan menguat terbatas dengan support-resistance 5.638-5.695," ujarnya.

Lanjar juga memberikan rekomendasi mengenai saham-saham yang dapat dicermati pada perdagangan hari ini. Di antaranya yakni ACES, ASII, BBRI, CPIN, INKP, dan UNVR.

Sementara itu, secara teknikal, analis Binaartha Sekuritas, M. Nafan Aji menjelaskan, berdasarkan rasio fibonacci, adapun support maupun resistance berada pada level 5.621,52 hingga 5.695,53.

Berdasarkan indikator, MACD, Stochastic, maupun RSI masih menunjukkan sinyal positif.

"Terlihat pola long white body candle yang mengindikasikan adanya potensi bullish continuation pada pergerakan IHSG, sehingga berpeluang menuju ke resistance terdekat," ujarnya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya