Logo WARTAEKONOMI

Parah, China Cetak Miliarder Baru Hartanya Capai Rp22 Triliun

China Cetak Miliarder Lagi dari Jagat Teknologi, Hartanya Capai Rp22 Triliun!. (FOTO: Unsplash/Mikayla Mallek)
China Cetak Miliarder Lagi dari Jagat Teknologi, Hartanya Capai Rp22 Triliun!. (FOTO: Unsplash/Mikayla Mallek)
Sumber :
  • wartaekonomi

China kembali mencetak miliarder teknologi terbaru hari ini mengikuti daftar Zhejiang Supcon Technology yang telah melantai di Bursa Efek Shanghai. Pendirinya, Chu Jian yang berusia 57 tahun pun debut sebagai miliarder.

Saham dari perusahaan yang bergerak di bidang informasi teknologi serta penyedia otomatisasi produk ini melonjak hingga 108,62 yuan. Padahal, harga IPO-nya hanya 35,73 di Bursa Efek Shanghai.

Kini, kekayaan Chu Jian pun mencapai US$1,6 miliar atau setara Rp22,5 triliun. Menurut prospektus Supcon, Intel dan juga Sinopec Capital sama-sama memiliki porsi saham sebesar 4,95 persen di perusahaan tersebut.

Dilansir dari Forbes pada Jumat 27 November 2020, Chu merupakan pria yang memegang gelar doktor dari Universitas Zhejiang pada tahun 1989. Adiknya, Chua Min, saat ini menjabat sebagai ketua Supcon.

Sebelumnya, Huang Jinfeng juga debut sebagai miliarder usai startup kecantikan dan e-commerce miliknya, Yatsen Holding melantai di bursa saham Amerika Serikat.

Meski pandemi, menurut laporan Forbes total kekayaan 400 orang terkaya di China justru melonjak menjadi US$2,11 triliun, dari US$1,29 tiriliun di tahun sebelumnya.