Terminal Multipurpose Labuan Bajo Gandeng Himbara

Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III menggandeng tiga bank yang tergabung dalam Himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara) BNI, BRI, dan Bank Mandiri. Mereka bekerja sama dalam menyediakan layanan jasa perbankan dan pengembangan terminal multipurpose Labuan Bajo.

Labuan Bajo Siap Sambut Wisatawan! Temukan Peluang Baru di Webinar Outlook Kepariwisataan NTT

Wakil Menteri BUMN, Kartika  Wirjoatmodjo, menjelaskan kerja sama Pelindo III dan ketiga bank Himbara itu dilakukan melalui penandatanganan Memorandum of Collaboration.

"Terminal multipurpose ini akan menjadi salah satu poin penting dalam mendukung Labuan Bajo sebagai salah satu dari lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), yang juga dipersiapkan sebagai tuan rumah G20 dan ASEAN Summit," kata Kartika dalam keterangan tertulisnya, Selasa 1 Desember 2020.

MIND ID Pastikan Beri Kemanfaatan Bagi Daerah Wilayah Kerja, Begini Caranya

Baca juga: Ledakan di SPBU MT Haryono, Pertamina: Mobil Tangki Terbakar

Kartika menjelaskan, penggunaan integrated e-gate system pada Terminal Multipurpose Labuan Bajo ini akan membantu meminimalisir penggunaan uang tunai dengan menggunakan cash transaction management.

Curhat Kementerian BUMN Punya Dana Melimpah Buat Genjot UMKM, Tapi Terbentur Aturan OJK 

Dengan begitu, diharapkan tidak akan ada lagi pungli sehingga akan turut membantu memperbaiki SLA pelayanan di ekosistem Terminal Multipurpose Labuan Bajo tersebut.

Kartika memastikan, Terminal Multipurpose Labuan Bajo ini nantinya akan mampu memberikan dampak ekonomi dan sosial, serta membuka lapangan kerja baru kepada masyarakat sekitar.

"Teminal Multipurpose ini merupakan wujud kolaborasi yang baik antara BUMN bersama dengan Kemenhub, Pemprov NTT, Pemkab Manggarai Barat, dan beberbagai pihak lain," ujarnya.

Diketahui, dalam Memorandum of Collaboration antara Pelindo III dan ketiga bank Himbara itu, disebutkan bahwa para pihak telah sepakat, ruang lingkup kerja sama meliputi pengembangan integrated e-gate system pada Terminal Multipurpose Labuan Bajo.

Kemudian, ada juga pemberian fasilitas perbankan dan/atau layanan produk dan jasa perbankan lainnya, yang disediakan oleh pihak perbankan yaitu BRI, Bank Mandiri, BNI dan/atau anak perusahaan sesuai kebutuhan PT Pelindo III dan/atau anak perusahaannya.

Nantinya, akan ada juga pemasangan iklan dan/atau pemasaran produk Pihak Perbankan di titik-titik strategis Pelabuhan dan/atau terminal Pelindo III, khususnya pada Terminal Multipurpose Labuan Bajo sesuai dengan ketentuan yang berlaku  di lingkungan Pelindo III. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya