Penguatan Rupiah Tertekan Lonjakan Kasus COVID-19

Uang kertas rupiah dan dolar AS
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat masih berada di kisaran Rp14.100-Rp14.200 pada perdagangan Rabu, 2 Desember 2020. Rupiah diperkirakan bergerak di level atas Rp14.150 per dolar AS.

Gubernur BI Proyeksikan Rupiah Baru Balik ke Rp 15.000-an pada Kuartal IV-2024

Kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia mematok nilai tengah rupiah di level Rp14.164 per dolar AS. Menguat dari level kemarin Rp14.178.

Sementara itu, di pasar spot, pada pembukaan perdagangan pagi ini, rupiah ditransaksikan di level Rp14.120, menguat tipis dari level penutupan perdagangan kemarin Rp14.130.

Rupiah Mulai Perkasa Seiring Meredanya Konflik Israel-Iran

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi, menyatakan, pergerakan itu dipengaruhi sentimen positif pelaku pasar keuangan terhadap kepastian distribusi vaksin di AS dan Eropa.

"Dalam beberapa minggu mendatang, Moderna Inc mengatakan pada hari Senin bahwa mereka akan meminta izin untuk kandidat vaksin mRNA-1273 di AS dan Eropa," tutur Ibrahim.

Rupiah Melemah, OJK Kasih Tips Emak-emak Kelola Keuangan

Baca juga: Anggaran Anggota DPRD DKI Naik Jadi Rp 8 M, PDIP: PSI dari Awal Setuju

Di samping itu, dia melanjutkan, rilis data ekonomi China yang positif terutama Purchasing Managers Index (PMI) manufaktur dan nonmanufaktur yang masih ekspansif.

Sementara itu, dari domestik, dikatakannya pelaku pasar keuangan khawatir atas lonjakan kasus COVID-19 mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Pelaku pasar, menurut Ibrahim, mengkhawatirkan kembali diberlakukannya pengetatan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) terutama di DKI Jakarta akibat lonjakan kasus.

"Wajar kalau investor melakukan aksi ambil untung karena kekhawatiran akan pandemi virus corona yang bisa berujung ke pengetatan PSBB inilah yang membuat investor masih pikir-pikir untuk masuk ke pasar keuangan Indonesia," ucap dia.

Dengan faktor-faktor tersebut, Ibrahim memperkirakan bahwa pergerakan rupiah sepanjang perdagangan hari ini akan fluktuatif di kisaran Rp14.110-14.160 per dolar AS. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya