Ma'ruf Amin: Tangani Ekonomi Lesu, Pemerintah Prioritaskan UMKM

Wapres KH Ma'ruf Amin
Sumber :
  • VIVA/Reza Fajri

VIVA – Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan bahwa pemerintah memberikan prioritas kepada usaha mikro, kecil, dan menengah dalam krisis ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Pemberlakuan Tax Holiday saat Pajak Minimum: Untung atau Buntung?

Ma'ruf menilai, saat ini ada peluang untuk mendorong UMKM sebagai motor pemulihan ekonomi nasional. Hal itu dikatakan Ma'ruf dalam Indonesia Good Design Selection Tahun 2020, Kamis 10 Desember 2020.

"Dalam menangani kelesuan ekonomi kali ini, pemerintah memberikan prioritas dan berpihak kepada usaha mikro, kecil, dan menengah," kata Ma'ruf.

Ketertarikan China terhadap Minyak Nigeria

Baca juga: Kapolda Metro Sebut Akan Tangkap Habib Rizieq hingga Panglima FPI

Ma'ruf juga meminta peran kepala daerah untuk memperbaiki iklim usaha di wilayahnya. Sehingga industri kecil dan menengah di daerah bisa terkawal dan juga produktif.

Bantu Perangi Terorisme di Afrika, Adakah Niat Terselubung Amerika?

"Kepada para kepala daerah, saya mengharapkan agar terus memperbaiki iklim usaha di daerah masing-masing serta terus mengawal agar industri kecil dan menengah dapat melakukan usahanya dengan produktif," ujar Ma'ruf.

Wapres mengingatkan, sektor UMKM adalah yang terdampak paling besar oleh pandemi. Menurut Ma’ruf, lebih dari 80 persen UMKM penjualannya menurun di atas 20 persen.

"Oleh karena itu, saya sangat mengapresiasi upaya dan kerja keras menteri Perindustrian yang secara konsisten menjaga dan mendukung industri kecil dan menengah untuk dapat bertahan dalam masa pandemi COVID-19 ini," tutur Ma'ruf. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya