MRT Bakal Caplok 51 Persen Saham KCI

William Sabandar, Direktur Utama PT MRT Jakarta,
Sumber :
  • VIVA/ Purna Karyanto

VIVA – PT MRT Jakarta berencana akan membeli saham PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI) dari perusahaan PT Kreta Api Indonesia sebesar 51 persen. Nantinya, KAI hanya menjadi pemegang saham minoritas perusahaan operator KRL commuterline tersebut.

Kubu Prabowo-Gibran Sebut Pemilu Ulang Tak Ada di UU

Rencana Akuisisi ini merupakan arahan pada rapat kabinet terbatas bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Direktur Utama PT. MRT Jakarta, William Sabandar, mengaku mendapat penugasan langsung dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Baca juga: Tarif Cukai Naik 2021, Petani dan Buruh Pabrik Rokok Bakal Dapat BLT

Kubu Anies Tuding Pencalonan Gibran Tidak Sah, KPU: Mengada-ngada

“Sehingga MRT dapat kepemilikan 51 persen pada PT KCI dan sisanya 49 persen dimiliki oleh KAI,” kata William di Jakarta, Kamis 10 Desember 2020.

Lanjut dia, akusisi 51 persen saham di PT KCI ini akan memberikan kewenangan bagi Pemrov DKI memanfaatkan kawasan di sekitaran Transit Oriented Development (TOD). Ini agar dapat terintegrasi selaras dengan pembangunan dan kebijakan Pemprov DKI Jakarta.

Menkopolhukam Minta Semua Pihak Hormati Langkah Kubu Anies dan Ganjar Gugat Hasil Pemilu ke MK

“Ini adalah insiatif win-win. Dengan demikian akan meningkat kualitasnya karena meningkat stasiun lebih bagus dan tentu akan meningkatkan dari penumpang dan layanan dari KAI akan baik. Dan DKI akan mendapatkan manfaat akan lebih bagus dan dinikmati oleh masyarakat,” kata William.

Saat ini, menurutnya, proses due diligence atau penilaian aset PT KCI sedang dilakukan oleh konsultan PWC. Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) juga turut mengawasi proses tersebut.

Akuisisi PT KCI oleh MRT disiapkan anggaran sebesar Rp1,7 triliun. Namun, angka pastinya menunggu proses due diligence yang sedang berlangsung.

“Ini masih dalam proses dan diharapkan proses due diligence ini akan selesai Desember ini,” lanjut William. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya