KSPSI Siapkan Pelatihan bagi Buruh yang Kena PHK Terhantam COVID-19

Ilustrasi PHK.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Pandemi Virus Corona membuat tidak sedikit buruh terpaksa harus kehilangan pekerjaannya. Mereka terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) Karena perusahaan tempat bekerjanya tutup terhantam krisis.

Kecelakaan KA Rajabasa Tabrak Bus dan Timbulkan Korban Jiwa, KAI Soroti Disiplin Lalu Lintas

Guna membantu para buruh yang terkena PHK, Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) menyiapkan program pelatihan usaha mandiri. Buruh dilatih untuk jadi entrepreneur sehingga bisa bertahan di tengah pandemi.

"Program usaha mandiri yang akan diberikan secara gratis," ujar Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea di Jakarta, Senin, 14 Desember 2020.

Belasan Kali Erupsi di Gunung Api Ile Lewotolok Lembata NTT

Baca juga: Menaker Ida Sebut Tak Basa Basi Kumpulkan Rektor Bahas UU Cipta Kerja

Andi mengungkapkan, berbagai macam pelatihan akan disiapkan KSPSI. Sehingga, para buruh bisa memilih langsung sesuai dengan minatnya. "Seperti pelatihan menjahit, sablon dan juga pelatihan komputer," ujarnya.

42 Pimpinan Buruh Asia Pasifik Kumpul di Jakarta, Ini yang Dibahas

Selain pelatihan, Andi mengatakan, KSPSI juga bekerja sama dengan Indika Foundation melanjutkan kembali penyaluran bantuan ribuan pak beras kualitas premium kepada buruh-buruh yang terkena dampak PHK akibat pandemi COVID-19.

Dia mengatakan, penyaluran ribuan kantong beras berkualitas premium ini diperuntukkan bagi buruh dan juga masyarakat yang kesulitan ekonomi di sejumlah daerah. Antara lain Bekasi, Karawang, Jakarta, Bandung, Subang, Sumedang, Purwakarta dan juga kota-kota kawasan industri lainnya.

Hari ini Andi Gani mengatakan telah secara langsung menyerahkan bantuan tersebut di kawasan Pulogadung dan Condet, Jakarta Timur.

"Ini merupakan bentuk solidaritas organisasi buruh tanpa melihat latar belakang organisasinya," ujarnya. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya