Logo WARTAEKONOMI

Panjang Umur hingga 96 Tahun, Ini Rahasia Miliarder Charlie Munger

Panjang Umur hingga 96 Tahun, Ini Rahasia Hidup Bahagia Miliarder Charlie Munger. (FOTO: REUTERS/Lane Hickenbottom)
Panjang Umur hingga 96 Tahun, Ini Rahasia Hidup Bahagia Miliarder Charlie Munger. (FOTO: REUTERS/Lane Hickenbottom)
Sumber :
  • wartaekonomi

Pada usia 96 tahun, Charlie Munger terkenal karena perannya yang stabil sebagai tangan kanan legenda investasi Warren Buffett. Sebagai wakil ketua Berkshire Hathaway, miliarder Munger memiliki kekayaan US$1,8 miliar atau setara Rp25 triliun, menurut Forbes.

Selain perannya bersama Buffett, Munger adalah ketua penerbit Daily Journal Corp. dan merupakan dewan direksi pengecer Costco.

Pria yang lahir 1 Januari 1924 ini memiliki kehidupan yang luar biasa di umurnya yang panjang hingga hampir seratus tahun. Tahun lalu, pada pertemuan tahunan The Daily Journal di Los Angeles, California, Munger diminta untuk merefleksikan perjalanan itu.

"Ada banyak pertanyaan hari ini orang-orang mencoba mencari tahu apa rahasia hidup panjang umur dan bahagia," kata Becky Quick dari CNBC kepada Munger.

Munger mengungkap rahasianya mudah dan sangat sederhana. Dilansir dari CNBC Make It di Jakarta, Rabu (16/12/2020) Munger melanjutkan dengan menyusun daftar nasihat terbaiknya yaitu setiap pelajaran disampaikan secara ringkas, yaitu:

"Jangan iri, jangan benci, jangan mengeluarkan uang terlalu banyak, tetap ceria meski ada masalah, berurusanlah dengan orang yang dapat diandalkan dan lakukan apa yang seharusnya Anda lakukan." ujar Munger. "Dan semua aturan sederhana ini bekerja dengan sangat baik untuk membuat hidup Anda lebih baik." tambahnya.