Kiprah Pahala Mansury, Melanglang Buana di BUMN Sebelum Jadi Wamen

Dirut BTN Pahala N Mansury.
Sumber :
  • Dokumentasi BTN.

VIVA – Presiden Joko Widodo telah melantik para menteri baru Kabinet Indonesia Maju pada hari ini, Rabu 23 Desember 2020. Selain melantik para menteri baru yang ditunjuknya, Jokowi juga telah melantik para wakil menteri bersama sejumlah pejabat lainnya sekaligus.

Stafsus Bantah Erick Thohir Perintahkan BUMN Borong Dolar AS, Ini Penjelasannya

Dari lima orang wakil menteri baru yang ikut dilantik adalah Pahala Mansury, yang per hari ini menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN. Dia menggantikan posisi Budi Gunadi Sadikin yang diangkat sebagai Menteri Kesehatan.

Baca juga: Menteri Baru Jokowi Bawa Sentimen Positif, IHSG Menguat

Erick Thohir: Arahan Saya ke BUMN Beli Dolar Secara Optimal, Terukur, dan Sesuai Kebutuhan

Saat ditunjuk Jokowi sebagai Wamen BUMN, Pahala diketahui tengah menjabat sebagai Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Posisi pucuk pimpinan di salah satu bank pelat merah itu dijabat Pahala, setelah diputuskan melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar pada 27 November 2019 silam.

Sehingga, sampai saat posisi Dirut BTN itu ditinggalkan Pahala guna menjabat sebagai Wamen BUMN pagi ini, praktis dirinya hanya sempat memimpin bank spesialis kredit perumahan itu dalam rentang waktu sekitar satu tahun saja.

HUT Ke-61, Taspen Tegaskan Komitmen Genjot Kesejahteraan Masyarakat

Jejak karir Pahala sebelum di BTN pun dapat dilacak di sejumlah BUMN. Di mana dirinya juga sempat didapuk sebagai Direktur Keuangan PT Pertamina pada medio sekitar September 2018 hingga November 2019.

Dan pada periode April 2017 hingga September 2018 sebelumnya, Pahala diketahui juga pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk.

Namun, sebelum semua rekam jejak bergengsi itu ditorehkan Pahala, dirinya merupakan seorang bankir yang diketahui cukup lama berkarir di PT Bank Mandiri Tbk.

Di bank anggota Himbara itu, jabatan terakhir yang diemban Pahala yakni sebagai Direktur Treasury & Market selama dua tahun, yakni pada medio Maret 2015 hingga April 2017.

Pada periode Mei 2010 hingga Maret 2015, jebolan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia itu juga diketahui menjabat sebagai Direktur Finance & Strategy di Bank Mandiri.

Usai menyelesaikan studinya di kampus kuning UI, jejak pendidikan Pahala pun ditorehkan di pendidikan Master of Business Administration in Finance, di Leonard N Stren Schoolf of Business New York University pada rentang waktu 1994 sampai 1999. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya