Sandiaga Uno Cerita Liburan Termewahnya saat Kanak-kanak

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berswafoto dengan latar di Danau Toba, Parapat, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis, 31 Desember 2020.
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengaku bahwa berlibur ke Danau Toba merupakan liburan termewah saat dia kanak-kanak. Ia berwisata ke danau terbesar di Asia Tenggara itu bersama keluarganya.

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

Pria kelahiran Pekanbaru, Riau, 28 Juni 1969, itu menjelaskan ke Danau Toba, terutama di Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, menjadi lokasi favorit liburan keluarganya bersama kedua orang tuanya dahulu.

"Waktu saya kecil, liburan termewah itu adalah Parapat di Danau Toba ini," katanya saat melakukan kunjungan kerja di Danau Toba, Parapat, Kabupaten Deli Serdang, Kamis, 31 Desember 2020.

Turis China Tewas Usai Jatuh ke Jurang Ijen, Menpar Ingatkan Pengunjung Untuk Patuhi Aturan

Baca: Alasan Sandiaga Uno Ogah Pasang Target Tinggi Pariwisata pada 2021

Akhirnya, Danau Toba memiliki sejarah dan kenangan manis saat liburan bagi Sandiaga sehingga dia bertekad membangun Danau Toba menjadi ikon pariwisata baru di Indonesia.

Pemprov Bali Bantah Komersialisasi Ritual Melukat Bagi Delegasi WWF

Sandiaga mengungkapkan sangat mengenal kuliner suku Batak khas Danau Toba seperti ombus-ombus, kacang Sihobuk dan kopi Lintong. Makanan dan minuman tradisional itu, katanya, memiliki rasa yang enak di lidah.

Dia bertekad, makanan dan minuman khas Danau Toba harus dikembangkan dengan baik agar memiliki daya saing dan menjadi kuliner favorit bagi wisatawan saat berkunjung ke danau ini. "Ini layak kalau kita kemas dengan baik, dan ini merupakan kualitas ekspor yang berdaya saing," ujarnya.

Pariwisata Danau Toba, menurutnya, juga harus didorong dari segi kebudayaan dan makanan tradisional. Namun, harus dikemas dengan modern dan sesuai keinginan pasar sekarang, yang merupakan unsur dari potensi ekonomi kreatif. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya