Sertifikat Hak Atas Tanah Dicek Secara Elektronik, Ini Untungnya

Sejumlah warga mengangkat sertifikat tanah mereka usai diserahkan oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil pada 2018
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin

VIVA – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) meluncurkan layanan pengecekan Sertifikat Hak Atas Tanah (SHAT) secara elektronik pada tahun ini.

Pesan Menteri Hadi untuk Warga Sidoarjo: Jangan Mudah Kasih Sertifikat ke Orang Lain

Kepala Pusat Data dan Informasi Kementerian ATR/BPN Virgo Eresta Jaya mengatakan, pengecekan SHAT secara manual sudah tidak akan ada lagi pada 2021.

"Kita sudah mulai mencanangkan pengecekan elektronik full 1 Januari 2021 secara nasional. Jadi kita sudah tutup 100 persen pengecekan manual," katanya, Rabu, 6 Januari 2021.

Mengenal Sosok Hadi Tjahjanto, Tantangan di Pertanahan dan Tata Ruang

Baca juga: Pemkot Tangerang Ajukan 2,4 Juta Dosis Vaksin COVID-19

Virgo mengungkapkan, alasan mendasar pengecekan tersebut dilakukan secara elektronik karena ATR/BPN telah mulai mengimplementasikan Hak Tanggungan Elektronik (HT-el) tahun lalu.

Masyarakat Jember Sambut Positif Penerimaan Sertifikat Tanah PTSL

"Juli kita sudah mulai mengimplementasikan HT-el 100 persen dan itu saya nilai berhasil dan awal tahun 2021 ini kita berharap kita menambah lagi layanan yang full elektronik," tuturnya.

Di sisi lain, dia berharap dengan adanya pengecekan elektronik dapat mengurangi kerumunan. Apalagi saat ini masyarakat tengah dihadapi pandemi COVID-19.

“Kurang lebih setelah adanya pengecekan elektronik ini dapat mengurangi 200 ribu orang per bulan yang datang ke kantor pertanahan,” ujar Virgo.

Melalui pengecekan secara elektronik tersebut, Virgo memastikan para pegawai kantor pertanahan di daerah dapat fokus validasi saja, tidak perlu mencari buku tanah.

"Kita akan repot mencari buku tanah, kita harus melakukan penyesuaian, tetapi kalau kita sudah menggunakan pengecekan elektronik, kita sudah fokus pada validasi saja,” kata dia. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya