Jokowi Divaksin COVID-19 Perdana, IHSG Menguat

IHSG melesat 3,80%.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG menghijau di level 6.450 pada pembukaan perdagangan Rabu 13 Januari 2021. Posisi itu menguat 54 poin atau 0,86 persen, di hari penyuntikan vaksin COVID-19 kepada Presiden Joko Widodo, dibanding penutupan perdagangan Selasa 12 Januari 2021 di level 6.395.

Sahroni Ungkap Perbincangan Surya Paloh dengan Jokowi saat Hadiri Pernikahan Anak Bamsoet

Meski demikian, analis Reliance Sekuritas, Lanjar Nafi, memprediksi bahwa IHSG memiliki potensi untuk bergerak terkoreksi pada perdagangan hari ini.

"Setelah sebelumnya saham-saham pertanian dan infrastruktur mengalami koreksi," kata Lanjar dalam keterangan tertulisnya, Rabu 13 Januari 2021.

Presiden dan Wakil Presiden Hadiri Pernikahan Putra Direktur Hukum LPS dengan Putri Ketua MPR

Baca jugaPenentu Cepat Cairnya Santunan Korban Sriwijaya Air dari Jasa Raharja

Lanjar menjelaskan, hal ini seakan menjadi rotasi giliran saham-saham yang related dengan suku bunga mengalami penguatan. Sektor properti yang diuntungkan dengan adanya era suku bunga rendah, saat ini mengalami rebound diiringi saham-saham big cap yang melanjutkan penguatannya.

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

"Sehingga secara teknikal kami perkirakan IHSG berpotensi terkoreksi pada support-resistance 6.322-6.400," ujarnya.

Lanjar juga memberikan rekomendasi, mengenai saham-saham yang dapat dicermati pada perdagangan hari ini, di antaranya yakni JSMR, LCPK, LPPF, MAIN, MAPI, TBIG, TOWR, INDF, ICBP.

Sementara itu, secara teknikal, analis Binaartha Sekuritas, M. Nafan Aji menjelaskan, berdasarkan rasio fibonacci, adapun support maupun resistance berada pada level 6.325 hingga 6.463.

Berdasarkan indikator, MACD, Stochastic, maupun RSI, masih menunjukkan sinyal positif.

"Terlihat pola upward bar yang mengindikasikan adanya potensi bullish continuation pada pergerakan IHSG, sehingga berpeluang menuju ke resistance terdekat," ujarnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya