RI Impor Kedelai Khusus Tahu dan Tempe 2,6 Juta Ton Sepanjang 2021

Ilustrasi Harga Kedelai Impor di Indonesia Mahal
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA – Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian mengungkapkan bahwa stok kedelai yang ada di Indonesia saat ini merupakan stok akhir untuk memasok industri tahu dan tempe. Sisa stok kedelai 411 ribu ton, dan karenanya, pada 2021 akan impor kedelai lagi.

Bea Cukai Beri Izin Pembebasan Bea Masuk Impor Alat Kesehatan

Menurut Kepala BKP Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi, saat rapat dengan Komisi IV DPR, Rabu, 13 Januari 2021, total impor kedelai khusus untuk industri atau perajin tahu dan tempe sebanyak 2,6 juta ton. Sampai Maret 2021 akan masuk 650 ribu ton. “Ini kedelai tahu tempe saja 2,6 juta ton," katanya.

Dari sisi harga, Agung mengatakan, pergerakannya selalu mengalami kenaikan per kilogram. Pada November 2020 di distributor harganya masih Rp7.500-8.000 per kilogram. Pada Desember naik ke Rp8.500 kemudian awal Januari Rp9.200 per kilogram.

Intip Sederet Ketentuan Barang Kiriman Pekerja Mingran, Tak Lagi Diatur Permendag

Baca: KPPU Telusuri Dugaan Kartel Perdagangan Kedelai

Untuk menekan harga yang terus naik, Agung mengaku telah berkomunikasi dengan pemangku kepentingan lainnya untuk menurunkan harga kedelai di tingkat distributor sebesar Rp8.500 per kilogram.

Seribu Ton Beras Impor Masuk Pulau Sumbawa, Anggota DPR: Mencekik Petani

Harga kedelai yang sudah sampai tingkat eceran atau konsumen akhir telah mencapai Rp10.000-10.400 per kilogram. “Kalau ini harga distributor, jadi pengrajin itu dari distributor," ujarnya.

Ekspor-Impor

Di Depan Para Pengusaha Ritel, Airlangga Sebut Aturan Impor Bakal Direvisi

Menko Ekonomi Airlangga Hartarto menyatakan bahwa Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 36 Tahun 2023 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024