Jepang Tolak Tawaran Trilateral Kereta Cepat JKT-SBY dengan China

Ilustrasi Kereta Cepat.
Ilustrasi Kereta Cepat.
Sumber :
  • tekkenweb.sakura.ne.jp

VIVA – Pemerintah Indonesia berencana mengajak China dan Jepang bersama-sama membangun kereta cepat Jakarta-Surabaya. Juru Bicara Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi mengatakan, usulan itu mulanya disampaikan kepada pihak Jepang.

"Ini awal idenya muncul dari Gubernur JBIC Tadashi Maeda pada saat pertemuan dengan Pak Luhut," kata dia kepada VIVA, Sabtu, 16 Januari 2021.

Dia melanjutkan, penawaran itu berkembang untuk melibatkan China dengan menggunakan skema trilateral. "Terus kami tawarkan juga ke pihak Jepang dan China kerja sama trilateral aja," kata Jodi.

Menurut dia, skema tersebut bukan hal yang tidak mungkin dilakukan. Sebab, Thailand juga pernah menggunakan skema tersebut untuk proyek yang sama.

"Pernah ada pengembangan rute kereta juga di Thailand. Nah itu trilateral Thailand, Jepang dan China. Nah kita menawarkan ide yang sama," ungkapnya.

Baca juga: Tawaran Kereta Cepat JKT-SBY ke China Berbeda Rute dengan Jepang

Namun, diutarakannya, dengan berjalannya waktu Jepang tidak juga menyambut positif usulan kerja sama trilateral tersebut.