Menteri Kelautan dan Perikanan Ungkap Lokomotif Perekonomian RI

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono saat hadir menjadi narasumber dalam Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan di Jakarta, Rabu, 13 Januari 2021.
Sumber :
  • VIVA/Eduward Ambarita

VIVA – Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono, mengajak para insinyur berpartisipasi untuk memajukan sektor kelautan dan perikanan Indonesia. Menurutnya sektor ini berpeluang menjadi salah satu lokomotif perekonomian negara.

Viral Penampakan Terakhir Masinis KA Lokal Baraya Sebelum Kecelakaan

"Potensi yang dimiliki sangat besar baik di sub-sektor perikanan tangkap maupun perikanan budidaya. Ini menjadi tantangan bagi kita ke depan sebagai insinyur agar bisa berbuat sesuatu untuk umat dan bangsa," kata Menteri Trenggono dalam keterangan resmi KKP, Selasa 19 Januari 2021.

Baca juga: Batas Pencairan Dana Taperum Pensiunan PNS dan Ahli Waris 3 Tahun 

Gibran Dinilai Mampu jadi Lokomotif Generasi Muda Capai Indonesia Emas 2045

Untuk sub-sektor perikanan tangkap, tantangan yang dihadapi adalah proses produksi yang masih konvensional dan tradisional, sehingga berimbas pada volume dan mutu produk perikanan. Dia menyebut dengan inovasi dan teknologi, maka produktivitas perikanan tangkap dan budidaya bisa optimal hasil dan kualitasnya.

"Dibutuhkan teknologi-teknologi yang hebat dan yang harus kita ciptakan, tidak boleh tergantung orang luar. Yang mampu memonitor kemana kapal kita, dimana sumber daya ikan yang bisa kita ambil untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat," kata Trenggono.

KKP Usul Penggunaan Satelit dan Drone Bawah Air Untuk Penangkapan Ikan Terukur

Sementara itu untuk sektor perikanan budidaya, tantangannya adalah pengelolaan tambak masih didominasi cara konvensional. Padahal sub sektor ini banyak komoditas unggul seperti bandeng, sidat, udang yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

"Perikanan budidaya juga menjadi solusi menciptakan lapangan kerja di masa pandemi sekaligus menjadi bagian dari program ketahanan pangan. Kami akan membangun sentra budidaya atau kampung budidaya perikanan di daerah, seperti Kampung Lele, Kampung Nila, dan Kampung Udang," ujarnya.

Tanggul laut raksasa Jakarta

Menteri KP Ingatkan Pembangunan Tanggul Laut Raksasa Tak Boleh Rusak Lingkungan

Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Sakti Wahyu Trenggono mengingatkan untuk memperhatikan aspek lingkungan atau ekologi dalam pembangunan tanggul laut raksasa.

img_title
VIVA.co.id
10 Januari 2024