Raffi Ahmad hingga Ari Lasso Disoroti OJK

Gedung OJK / Otoritas Jasa Keuangan
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

VIVA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencermati fenomena rekomendasi pembelian saham oleh para influencer, yang marak terjadi saat ini. 

Kocak dan Gemasnya Cipung Saat Ketemu Prabowo di Malam Takbiran

Di mana, terdapat sejumlah influencer dengan konten terkait transaksi perdagangan efek di pasar modal Indonesia, sebagaimana yang dilakukan Raffi Ahmad, Ari Lasso, hingga Kaesang Pangarep, putra Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.

Mereka sebelumnya memberikan rekomendasi saham yang diperdagangkan di pasar modal melalui akun medsosnya masing-masing. Bahkan, unggahan mereka dinilai sudah sampai pada tahap memberikan rekomendasi untuk pembelian saham-saham tertentu. 

Hampers Raffi-Gigi Buat Rekan Artis Jadi Sorotan, Netizen: Boxnya Lebih Mahal dari Isinya

Baca jugaJanet Yellen Sebut AS Siap Hadapi Praktik Dagang China, Rupiah Menguat

Terkait hal itu, Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Logistik OJK, Anto Prabowo, memastikan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan Bursa Efek Indonesia (BEI). Upaya itu untuk berdiskusi dan memberikan pemahaman serta edukasi kepada influencer terkait transaksi di Pasar Modal Indonesia.

Potret Terbaru Rafathar Curi Perhatian, Bikin Heboh Netizen!

Sebab, masyarakat harus mengetahui bahwa dalam transaksi perdagangan efek di pasar modal Indonesia, terdapat sejumlah ketentuan aktivitas dan kode etik, sehingga perdagangan saham dilakukan secara tertib dan tidak serampangan.

"Diskusi dan pemahaman dimaksud antara lain terkait bagaimana bertransaksi dan ketentuan dan kode etik dalam bertransaksi dan beraktivitas di pasar modal Indonesia," kata Anto dikutip dari laman resmi Instagram OJK @ojkindonesia, Rabu 20 Januari 2021.

OJK menekankan, kepada masyarakat dan investor bahwa keputusan investasi merupakan keputusan dari investor sendiri. Berdasarkan informasi yang diperoleh dan analisis/pertimbangan yang dilakukan.

Investor juga dapat menggunakan rekomendasi dari pihak-pihak yang sudah diberikan izin oleh OJK. Seperti penasihat investasi atau perusahaan efek atau manajer investasi atau via channel resmi/legal untuk bertransaksi di pasar modal.

Selain itu, masyarakat dapat melihat daftar perusahaan yang memiliki izin OJK di website www.ojk.go.id, atau hubungi Kontak OJK di nomor 157 atau layanan WA 081 157 157 157.

Diketahui, beberapa waktu lalu artis papan atas sekaligus influencer, Raffi Ahmad, sempat merekomendasikan saham PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS) di laman media sosial Instagram-nya, @raffinagita1717. Dalam video unggahannya itu, Raffi mengaku baru pertama kali terjun di dunia saham dan langsung melirik saham MCAS.

Sementara itu, Ari Lasso melalui akun Instagram @ari_lasso juga melakukan hal serupa. Dengan mengutarakan pengalamannya terjun ke dunia saham dan merekomendasikan saham MCA, yang menurutnya luar biasa menarik. Karena terpantau naik cukup signifikan dalam beberapa bulan terakhir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya