Selama Pandemi Barang-barang Ini Dominasi Transaksi Cicilan Akulaku

Konferensi pers Akulaku
Sumber :
  • Dokumen Akulaku

VIVA – PT Akulaku Silvrr Indonesia mencatat kenaikan transaksi cicilan yang signifikan pada pembelian sejumlah kategori barang sepanjang 2020. Produk elektronik, fashion pria dan furnitur jadi kategori kenaikan pesanan sangat drastis selama masa pandemi

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Direktur PT Akulaku Silvrr Indonesia, Herryson mengungkapkan, kenaikan volume transaksi pada sejumlah kategori tersebut bahkan tercatat melebihi 100 persen apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. 

Menurut dia, produk elektronik masih menempati urutan teratas sebagai kategori barang yang paling diburu konsumen Akulaku. Di mana harga produk elektronik yang relatif tinggi mendorong konsumen bertransaksi dengan memanfaatkan opsi cicilan Akulaku. 

DPR Beri Respons Positif soal Kinerja Menteri BUMN yang Mampu Capai Target

Sementara, furnitur menjadi kategori produk dengan tingkat pertumbuhan penjualan tertinggi pada tahun lalu. Kenaikan volume pesanan pada berbagai produk furnitur mencapai lebih dari 650 persen pada periode November hingga Desember 2020. 

"Dan yang menarik adalah, lonjakan permintaan pada kategori tersebut bukan hanya didominasi brand besar yang sudah akrab di telinga masyarakat. Permintaan terhadap berbagai produk UMKM dengan kualitas yang bersaing pun turut terangkat signifikan,” ujar Herryson, dalam keterangannya, Rabu, 20 Januari 2021.

Muncul Wabah Langka dan Mematikan di Jepang, 21 Orang Meninggal

Herryson mengungkapkan, kenaikan permintaan terhadap kategori furnitur tersebut merupakan suatu indikasi bahwa pandemi COVID-19 telah mengubah kebiasaan masyarakat dengan meluangkan lebih banyak waktu di rumah. 

Kondisi tersebut, lanjut dia, kemudian membuat masyarakat untuk meningkatkan kenyamanannya di rumah dengan cara mendekorasi ulang dan menambah perabot rumah di tengah kondisi pembatasan sosial. 

Adapun dari kategori barang home and living setidaknya ada lima perlengkapan dan perabotan rumah tangga yang paling dicari pengguna Akulaku sepanjang 2020. yaitu rak penyimpanan, sofa, spring bed, perlengkapan dapur dan kasur busa. 

"Kebiasaan baru yang serba membatasi interaksi fisik turut mendorong konsumen untuk memperoleh berbagai perlengkapan sehari-hari di rumah melalui platform daring," jelasnya.

Sedangkan di sepanjang kuartal IV 2020, Akulaku mencatat adanya pertumbuhan jumlah merchants pada kategori fashion pria sebesar 6 kali lipat. Sementara jumlah merchants pada kategori furnitur mengalami kenaikan sebesar 2 kali lipat. Lalu, ketersediaan penjual produk elektronik yang terhubung Akulaku mengalami pertumbuhan 100 persen.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya