Intip Cara Bank Mandiri Bangkitkan Iklim Investasi Nasional

Bank Mandiri Pusat
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

VIVA – PT Bank Mandiri Tbk bersama PT Mandiri Sekuritas akan menggelar Mandiri Investment Forum (MIF) 2021 secara virtual pada 1-5 Februari 2021.

Bank Mandiri: Dinamika Geopolitik Jadi Tantangan Ekonomi Global 2024

Direktur Treasury and International Banking Bank Mandiri, Panji Irawan, menjelaskan bahwa dengan dukungan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), MIF 2021 yang bertajuk 'Reform After the Storm' ini akan coba membangkitkan iklim investasi di Tanah Air dengan diikuti lebih dari 10 ribu investor dari dalam dan luar negeri.

"Termasuk di dalamnya sekitar 500 investor asing atau perusahaan asing, perwakilan kedutaan besar, dan nasabah kantor luar negeri Bank Mandiri yang mengelola aset hingga lebih dari US$4 triliun," kata Panji dalam telekonferensi, Senin 25 Januari 2021.

Terserap 91 Persen, Realisasi Anggaran PC PEN 2022 Capai Rp 414,5 Triliun

Panji menilai bahwa forum ini sangat penting untuk menciptakan sinergi antara investor, pelaku usaha, dan para pemangku kepentingan di Tanah Air. Supaya mereka mampu menangkap peluang investasi, yang dapat mendukung upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Pada penyelenggaraan MIF yang ke-10 ini, Panji berharap momentum ini dapat menjadi platform bagi pemerintah, untuk menyampaikan arah kebijakan yang telah digariskan dalam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) kepada investor secara lengkap. 

Mandiri Sekuritas Proyeksikan IHSG di Akhir 2023 Capai Level 7.510

"Sehingga hal itu diharapkan mampu membangkitkan kepercayaan diri para investor, untuk berusaha dan melakukan ekspansi bisnis di Indonesia," ujar Panji.

Dia menjelaskan, perekonomian Indonesia telah melewati dampak terdalam dari COVID-19 pada kuartal II-2020. Di mana, saat itu sempat terjadi kontraksi ekonomi sebesar minus 5,32 persen, hingga berhasil menunjukkan pemulihan pada kuartal berikutnya. Panji memprediksi tren semacam itu diperkirakan berlanjut pada 2021.

Panji menambahkan, perekonomian Indonesia pada 2021 akan beranjak dari fase bertahan atau survival, kepada fase pemulihan dengan dukungan beberapa faktor. Di antaranya yakni program vaksinasi yang sudah mulai berjalan, implementasi Undang Undang Cipta Kerja, serta penurunan kasus COVID-19.

"Faktor pendukung lainnya adalah peningkatan investasi swasta sejalan dengan berbagai stimulus pemerintah untuk mendorong pulihnya permintaan," kata Panji.

Untuk itu, lanjut Panji, Mandiri Investment Forum 2021 akan menghadirkan sejumlah pejabat tinggi negara serta tokoh ekonomi internasional, yang akan menjadi narasumber guna menjelaskan mengenai arah kebijakan pemerintah ke depan.

"Serta menjelaskan soal perkembangan terkini ekonomi global dan respons yang perlu dilakukan," ujarnya.

Acara Mandiri Investment Forum (MIF) 2021 ini nantinya akan mengundang sejumlah narasumber seperti Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, dan Menteri Kesehatan Budi G. Sadikin 

Kemudian ada juga Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Executive Chairman of Neo-bank Moven dan penulis buku Bank 4.0 Brett King, serta Profesor ekonomi Universitas Harvard, Kenneth Rogoff.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya