Kasus Positif COVID-19 Terus Melonjak, Rupiah Kembali Melemah

Ilustrasi rupiah melemah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat melemah pada perdagangan Rabu, 27 Januari 2021. Rupiah terus melemah hingga kini bergerak di kisaran atas Rp14.090 per dolar AS.

Mendag Imbau Masyarakat Tak Perlu Khawatir soal Pelemahan Rupiah

Kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia mematok nilai tengah rupiah di level Rp14.091 per dolar AS. Melemah dari nilai tengah kemarin Rp14.086.

Di pasar spot hingga pukul 10.00 WIB, rupiah telah ditransaksikan di level Rp14.066 per dolar AS. Melemah sekitar 0,01 persen dari level penutupan perdagangan kemarin Rp14.065.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi, menjelaskan, pergerakan itu dipengaruhi pemulihan ekonomi yang telah berada di bawah tekanan baru-baru ini dari meningkatnya kasus COVID-19.

"Pemulihan ekonomi negara-negara telah melemah karena terus memerangi lonjakan kasus COVID-19," kata dia dikutip dari analisisnya, Rabu, 27 Januari 2021.

Rupiah Amblas ke Rp 16.200 per dolar AS, Gubernur BI Lakukan Intervensi

Di sisi lain, dia melanjutkan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan untuk memperpanjang masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Aturan tersebut mengikuti periode Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diterapkan pemerintah pusat. PPKM telah diperpanjang hingga 8 Februari 2021.

"Dengan diperpanjangnya PPKM dan PSBB tentunya dapat mengurangi konsumsi masyarakat sehingga akan menghambat laju pemulihan ekonomi Indonesia yang berdampak negatif ke pasar," ucap dia.

Dengan kondisi itu, Ibrahim memperkirakan, pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS sepanjang hari ini akan bergerak di kisaran Rp14.060 sampai dengan Rp.14.120.   

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya