Kota Mandiri Lagita Tarik Investasi Rp 886 M

VIVAnews - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar, hari ini, 8 Maret 2010, mencanangkan pembangunan Kota Terpadu Mandiri (KTM) Lagita di Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu.

Terpopuler: Ayu Ting Ting Bagi-bagi THR, Sederet Artis yang Meninggal di Bulan Ramadhan 2024

Kota Mandiri Lagita merupakan salah satu dari 44 Kota Mandiri di seluruh Indonesia yang telah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor KEP. 293/MEN/IX/2009.

"Melalui pembangunan KTM-KTM yang dirancang layaknya membangun kawasan transmigrasi yang bernuansa perkotaan, diharapkan terjadi akselerasi perekonomian pedesaan dan terwujudnya kawasan transmigrasi yang mandiri yang memberi peluang investasi dan membuka kesempatan kerja, yang pada akhirnya akan mengurangi pengangguran dan kemiskinan," kata Muhaimin dalam keterangan pers di Bengkulu, Senin, 8 Maret 2010.

Pembangunan Kota Mandiri Lagita diperkirakan akan menarik investasi sebanyak Rp 886 miliar dan akan menyerap 26.570 tenaga kerja.

Pembangunan Kota Mandiri ini, kata Muhaimin, diharapkan dapat mendorong terciptanya 15.500  orang wirausahawan baru di kawasan transmigrasi. Wirausahawan baru ini nantinya akan mampu membantu menciptakan lapangan kerja baru di sektor industri pengolahan pertanian (2.220 orang), serta sektor-sektor lainnya (8.850 orang).

"Untuk kedepannya, pengembangan Kota Mandiri dapat difokuskan untuk menarik investasi dan membuka lapangan kerja baru dengan mengembangkan konsep wirausaha baru di kawasan transmigrasi," ujarnya.

Muhaimin menjelaskan, Kota Mandiri Lagita dirancang menjadi pusat pertumbuhan melalui pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan yang mempunyai fungsi sebagai pusat kegiatan pertanian berupa pengolahan komoditas pertanian. Selain itu, juga akan dijadikan  pusat kegiatan dan pelayanan agribisnis, pemuliaan tanaman unggul, pusat kegiatan pendidikan dan pelatihan di sektor pertanian, industri, dan jasa di Provinsi Bengkulu, khususnya di wilayah Kabupaten Bengkulu Utara.

Pembangunan kota ini akan terealisasi dalam 5 tahun ke depan dengan kebutuhan anggaran melebihi Rp 60 miliar,  yang bersumber dari APBN, APBD Kabupaten Bengkulu Utara, APBD Provinsi Bengkulu, dan lintas sektor.

Wilayah pengembangan Kota Mandiri Lagita meliputi 27 Unit Pemukiman Transmigrasi yang sudah diserahkan (PTD) dan pemekaran desanya, 1 Unit Pemukiman Transmigrasi yang sedang dibina (PTA), dan 59 desa-desa sekitar, dengan luasan wilayah 99.251 hektar dan jumlah penduduk sebanyak 158.111 jiwa.

Komoditas unggulan yang dikembangkan adalah kelapa sawit, karet, dan coklat. Beberapa investor yang memiliki Hak Guna Usaha dalam kawasan ini di antaranya PT Perkebunan Nusantara, PT Agricinal, PT Pamor Ganda, PT Mertju Buana, PT Sandabi, dan PT Api Meta Palma, dengan luasan lahan Hak Guna Usaha lebih kurang 19.412 hektar.

hadi.suprapto@vivanews.com

Ekspresi kecewa pemain Liverpool

Hasil Lengkap Liga Europa: AC Milan Keok, Liverpool Hancur Lebur

AC Milan harus mengalami kekalahan dari sesama wakil Italia AS Roma. Rossoneri takluk 0-1 di San Siro gegara gol Gianluca Mancini di menit 17. Liverpool dihajar Atalanta.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024