Dorong Industri Lokal, Kemenparekraf Hadirkan Pameran Spesial Sumut

Pekan raya produk kreatif dan kuliner Sumatera Utara, Sabtu, 13 Februari 2021.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

VIVA – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Kemenparekraf menghadirkan pekan raya produk kreatif dan kuliner Sumatera Utara (Sumut). Hal itu untuk membangkitkan kembali geliat sektor ekonomi kreatif di tengah pandemi COVID-19.

Asupan Mineral Pembalap F1 Powerboat Danau Toba 2024 Terjaga

Pada pekan raya yang bertajuk Beli Kreatif Danau Toba (BKDT) dan Pesona Kuliner Danau Toba (PKDT) ini, pemerintah pun bekerja sama dengan salah satu pusat perbelanjaan, yakni Summarecon Mall Serpong atau SMS, Tangerang. Pihak SMS ditunjuk sebagai lokasi penyelenggaraan pekan raya.

"Beli Kreatif Danau Toba dan Pesona Kuliner Danau Toba merupakan acara yang kami bersama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mendorong Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan membantu UMKM dalam bidang kreatif dan kuliner, khususnya dari daerah Danau Toba, Sumatera Utara yang saat ini memang sangat terdampak pandemi COVID-19 dari sektor perekonomian dan pariwisata," kata Center Director Summarecon Mall Serpong, Tommy, Sabtu, 13 Februari 2021.

Tubuh Manusia Tanpa Kepala Ditemukan di Perairan Danau Toba, Polisi Ungkap Fakta Mengejutkan

Menurut dia, kegiatan pekan raya itu akan digelar hingga 21 Februari 2021 di Atrium Circle dan Broadway Stage SMS, dengan diisi oleh sejumlah UMKM. Dimana, UMKM akan menampilkan kekayaan tradisi dan budaya Sumatera Utara dalam bidang kreatif dan kuliner, seperti Solu Ulos, Bolu Medan CF, Bihun Kari Medan, Nasi Goreng Teri Medan, RM BPK Sinabung.

"Di sini kami berharap agar, kegiatan ini dapat memberikan exposure kepada masyarakat mengenai produk lokal yang berkualitas dan memicu kembali masyarakat untuk membeli produk buatan bangsa," ujarnya.

F1 Powerboat Danau Toba 2024, Banyak Perputaran Uang dan Tingkatkan Investasi

Kegiatan itu pun dilengkapi dengan protokol kesehatan yang ketat untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung, seperti pengecekan suhu badan, wajib memakai masker, menyediakan hand sanitizer di dalam area exhibition, pengaturan jaga jarak, serta pembayaran non-tunai.
 

Sandiaga Uno.

Kuliner, Fesyen, Musik Hingga Film, Sandiaga Uno Panggil Seluruh Pelaku Usaha Kreatif di Indonesia

Ada penambahan subsektor ekonomi kreatif. Dengan demikian, pada 2024, AKI akan melibatkan 7 subsektor ekraf, yaitu kuliner, kriya, fesyen, aplikasi, musik, film dan gim.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2024