Viral Pembahasan Gaji Rp250 Juta, Profesi Apa Saja Itu?

Ilustrasi uang tunai.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Pembahasan tentang gaji Rp250 juta viral di media sosial. Di Twitter, hingga pagi ini pembahasan terkait gaji Rp250 juta itu jadi trending topic dengan jumlah cuitan mencapai 15,4 ribu. 

Hujan Badai di Dubai: Muazin Ubah Lafadz Azan, Netizen: Merinding!

Usut punya usut, ternyata cuitan ini bermula dari pembahasan @JennyJusuf soal kriteria pasangan idaman. Berikut cuitannya:

"bebs. kalian punya kriteria penghasilan minimal calon pasangan nggak? misalnya, harus di atas 10jt, harus lebih tinggi dr kalian, dll. alasannya? #surveiiseng," tulisnya, dikutip VIVA Senin, 15 Februari 2021. 

Viral Bengkel di Puncak Bogor Getok Harga Ganti Ban Mobil Rp200 Ribu, Polisi Turun Tangan

Cuitan itu kemudian dibalas oleh salah satu warganet @catwomanizer yang menyebut standar kriterianya adalah yang memiliki gaji Rp250 juta per bulan secara minimal dan juga sudah menyiapkan dana pensiun.

"250jt per bulan minimal dan udah siapin dana pensiun juga, kalau nggak, jomplang nanti," tulisnya.

Heru Budi Bakal Tingkatkan Pengawasan Buntut Kasatpel Numpang Mobil Dishub ke Puncak

Pembahasan soal ini cukup heboh di media sosial. Lantas sebenarnya profesi apa saja yang memiliki gaji hingga Rp250 juta per bulan di Indonesia? 

Kepada VIVA, ekonom Indef, Bhima Yudhistira Adhinegara mengakui memang ada profesi yang dibayar dengan gaji Rp250 juta per bulan saat ini. Setidaknya, menurut dia, ada lima kategori profesi di Indonesia yang kini meraup penghasilan per bulan sebesar Rp250 juta, yaitu:

1. Konten kreator/influencer digital 
2. Pengacara
3. Digital Marketing/Developer/profesi berkaitan IT ekonomi digital
4. Manajer di perusahaan properti raksasa
5. CEO perusahaan startup yang statusnya unicorn/decacorn.

Namun, pendapatan ini menurutnya, tentu memiliki kesenjangan dengan rata-rata pendapatan pegawai di Indonesia. Menurut survei Badan Pusat Statistik, rata-rata gaji pegawai di Indonesia adalah Rp2,92 juta per bulan. 

"Padahal rata-rata gaji pegawai di Indonesia menurut Sakernas BPS 2020 adalah Rp2,92 juta per bulan," ujar Bhima.

Di sisi lain, ramainya pembahasan gaji Rp250 juta ini juga memunculkan banyak meme di media sosial. Ada yang yang berpendapat gaji Rp250 juta jika tak beribadah tidak ada gunanya.

Baca juga: IHSG Diperkirakan Terus Menguat, Cek Rekomendasi Saham Hari Ini

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya