Hary Tanoe Bikin Hollywood-nya Indonesia di KEK Lido, Intip Isinya

Hary Tanoesoedibjo.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Agus Rahmat.

VIVA – Pemerintah akan segera menetapkan Lido, Jawa Barat menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Rencana itu pun disambut baik oleh Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo.

Menko Airlangga Bertemu Menteri Singapura Bahas KEK hingga Kerja Sama Ketenagakerjaan

Bahkan dia mengatakan MNC Group telah resmi memulai pembangunan Movieland atau kawasan wisata  perfilman seperti layaknya Holywood di Amerika Serikat. Theme park itu dibangun di kawasan MNC Lido City, Jawa Barat.

"(Movieland) ini akan baik untuk ekonomi kreatif. Menjadi tempat wisata bagi masyarakat Indonesia. Bahkan luar negeri, menciptakan devisa, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan taraf hidup masyarakat," ujar Hary dikutip dari keterangannya, Senin 15 Februari 2021.

Bea Cukai Ajak Ratusan Mahasiswa di Malang dan Manado Pahami Hal Ini

Baca juga: Viral Pembahasan Gaji Rp250 Juta, Profesi Apa Saja Itu?

Dia menjabarkan, movieland adalah studio film dan drama seri outdoor. Kawasan ini akan menjadi pusat industri film dan drama seri kelas dunia pertama di Indonesia. Selain itu, menjadi creative hub yang menciptakan lapangan kerja hingga membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Termasuk Will Smith, Ini 5 Artis Hollywood yang Tertarik Belajar Islam dan Al Quran

Hary mengatakan, saat ini belum ada fasilitas mumpuni untuk outdoor production. Terutama untuk memproduksi film atau drama televisi. Karena itu, Movieland yang akan dibangun di lahan seluas 21 hektare di kawasan MNC Lido City akan mengakomodir hal itu.. 

"Dilengkapi dengan berbagai fasilitas produksi seperti backlot (lokasi _shooting), sound stage (studio tertutup), peralatan produksi dengan teknologi mutakhir hingga fasilitas pasca produksi dengan teknologi berkelas dunia," tambahnya.

Menurutnya, Movieland juga akan menghadirkan berbagai kebutuhan area syuting terbuka, seperti area perumahan, permukiman perkotaan, nuansa kota tua dan perdesaan. Selain itu, ada area alam terbuka, termasuk area berlatar kerajaan-kerajaan di Indonesia.

Lebih lanjut menurutnya, fasilitas umum juga akan tersedia. Seperti rumah sakit, halte bis, sekolah, supermarket hingga gedung mirip bandara. Lalu, fasilitas pendukung yang akan dibangun seperti, sound stage seluas 1.500 meter persegi yang dilengkapi giant green screen dan water tank maupun set, khusus penunjang produksi.

Tak kalah pentingnnya menurut Hary, kawasan itu juga akan dilengkapi dormitory atau penginapan untuk para kru film atau televisi. Sehingga mereka tak perlu pulang pergi selama produksi.

"Semua end to end dikerjakan di sini, sehingga kualitas produksi kita bisa seperti Hollywood," ujar Hary.

Sebagai informasi, Movieland berada kawasan MNC Lido City yang total luasnya mencapai 3.000 hektare. Kawasan itu berisi lapangan golf, theme park, music festival venue seperti di Los Angeles, World Garden seperti di Dubai, data center, technology center, danau dan taman nasional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya