Sarinah dan AP I Bantu UMKM Jual Produknya di Bandara Banjarmasin

BUMN kerja sama dengan Dinas UMKM Kalsel untuk pengelolaan area UMKM di Bandara
Sumber :
  • Kementerian BUMN

VIVA – Kementerian Badan Usaha Milik Negara melalui PT Sarinah (Persero) dan PT Angkasa Pura Retail, sebagai salah satu anak perusahaan PT Angkasa Pura I (AP I) menandatangani perjanjian kerja sama dengan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi Kalimantan Selatan.

Ini Penyebab Aset PLN Nusantara Power Melesat Jadi Rp 350 Triliun

Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting menjelaskan, penandatanganan perjanjian kerja sama ini bertujuan untuk mendukung pengembangan dan pemasaran produk UMKM Kalsel di Bandara Syamsudin Noor, Banjarmasin.

"Bentuk kerja sama ini merupakan suatu kolaborasi antara BUMN dengan Pemerintah Daerah dalam upaya pengembangan UMKM Indonesia, yang dapat menciptakan optimisme bagi UMKM untuk bangkit khususnya dalam masa pandemi ini," kata Loto dalam keterangan tertulisnya, Selasa 16 Februari 2021.

Ribuan Produk Kerajinan RI Bakal Banjiri Pasar Kanada

Loto berharap, pola kolaborasi ini ke depannya juga bisa diimplementasikan pada daerah lain di Indonesia. Selain itu, Loto juga menegaskan bahwa kerja sama ini merupakan wujud komitmen Angkasa Pura I, untuk turut berkontribusi terhadap pengembangan pelaku UMKM di wilayah bandara mereka melalui sinergi dan kolaborasi dengan para stakeholder terkait lainnya.

Kerja sama ini dinilai juga akan turut mendukung program Galeri UMKM di bandara-bandara milik Angkasa Pura I, sehingga para UMKM yang berada di wilayah bandara itu juga memiliki kesempatan untuk memanfaatkan Galeri UMKM tersebut.

Pariwisata Hijau dan Berkelanjutan Bakal Jadi Fokus Kemenparekraf

"Agar mereka bisa meningkatkan peluang produk-produk mereka supaya dapat diperkenalkan dan dipasarkan kepada para penumpang pesawat," ujarnya.

Diketahui, cakupan kerja sama antara tiga pihak ini mencakup mekanisme pengelolaan gerai seluas 232 meter persegi di Bandara Syamsudin Noor (Banjarmasin), untuk produk-produk UMKM asal Kalimantan Selatan.

Pada kerja sama ini, Angkasa Pura Retail dan Sarinah akan berperan sebagai pihak kurator, serta operator dari Galeri atau Gerai UMKM tersebut.

Sedangkan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan berperan sebagai pembina bagi para pelaku UMKM, dan penghubung yang membantu menyediakan produk-produk untuk dikurasi oleh Angkasa Pura Retail dan Sarinah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya