IHSG Kinclong Jelang Pengumuman Hasil Rapat Dewan Gubernur BI

Karyawan mengamati layar yang menampilkan informasi pergerakan IHSG di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (26/6/2020). (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat pada perdagangan pagi ini. Investor bergerak positif jelang pengumuman hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia.

Sektor Manufaktur RI Jauh dari Deindustrialisasi, Ekonom Beberkan Buktinya

IHSG dibuka menguat 2,63 poin atau 0,04 persen ke posisi 6.230,36, sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 naik 1,24 poin atau 0,13 persen ke posisi 947,91.

"IHSG diperkirakan bergerak mixed dengan kecenderungan melemah," tulis Tim Riset Sinarmas Sekuritas dalam analisisnya, Kamis 18 Februari 2021.

Swiss German University Dukung Revolusi Industri 4.0 di Indonesia!

Dia menjelaskan, dari dalam negeri, Bank Indonesia akan mengumumkan tingkat suku bunga acuan atau BI 7-Day Reverse Rate (BI7DRR) periode Februari 2021. Konsensus memperkirakan BI akan memangkas suku bunga acuannya sebesar 25 basis poin menjadi 3,5 persen.

Baca juga: Melongok Investasi Kilang Tuban yang Bikin Warga Kaya Mendadak

IHSG Menguat Ditopang Capaian Penerimaan Pajak, tapi Dihantui Pelemahan Rupiah

Sementara itu, di sisi industri, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyatakan penjualan mobil domestik bisa melonjak 40-60 persen ketika insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah ( PPnBM) nol persen berlaku. Hal itu menghembuskan sentimen positif

Kemudian, industri semen mencatatkan penjualan pada Januari 2021 sebesar 4,9 juta ton, terkontraksi 14,5 persen secara bulanan (mom) dan turun 5,8 persen secara tahunan (yoy).

Dari eksternal, bursa saham AS ditutup menguat pada perdagangan Rabu (17/2) kemarin. Secara teknikal, IHSG diprediksi pada hari ini bergerak di kisaran support dan resistance 6.180-6.269. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya