Jokowi Minta Dunia Usaha Bantu Perbanyak Lapangan Kerja

Presiden Jokowi dan Anies Baswedan Pantau Vaksinasi di Tanah Abang
Sumber :
  • Youtube/Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta dunia usaha lebih memperluas lapangan kerja, sehingga akan mempercepat proses pemulihan ekonomi dari dampak pandemi COVID-19.

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

Jokowi, dalam Perayaan Imlek Nasional Tahun 2021 secara virtual dipantau di Jakarta, Sabtu, menjelaskan pemerintah telah berupaya membuka kesempatan kerja bagi masyarakat, seperti dengan program padat karya di kementerian/lembaga maupun pemerintah daerah.

Namun, perluasan lapangan kerja yang berkelanjutan dapat dilakukan dengan kontribusi dunia usaha.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

"Perluasan kesempatan kerja yang berkelanjutan adalah dari para pelaku usaha, dari dunia usaha, kuncinya di situ, bukan pemerintah. Kalau yang melakukan dari dunia usaha akan berkelanjutan, ini yang dibutuhkan masyarakat," ujar Presiden.

Baca: Jeritan Nakes di Pariaman, 7 Bulan Insentif COVID-19 Belum Dibayar

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

Untuk memperbaiki iklim kegiatan ekonomi dalam masa pandemi ini, menurut Presiden, pemerintah terus mengeluarkan kebijakan untuk memulihkan ekonomi.

Tujuannya, agar kegiatan produksi dapat berjalan baik skala mikro, kecil, menengah, maupun besar. Dengan begitu, pendapatan masyarakat akan meningkat.

Pemerintah juga memprioritaskan pengeluaran anggaran negara untuk membeli produk-produk dalam negeri.

Untuk memulihkan ekosistem ekonomi terutama di sektor manufaktur, pemerintah rela memangkas penerimaan pajak dengan pembebasan dan pengurangan pajak penjualan barang mewah (PPnBM) untuk mobil hingga akhir tahun.

"Selain itu, diberikan juga kemarin, uang muka (DP) rumah nol persen. Saya kira cara-cara ini yang nanti akan bisa membangkitkan permintaan, konsumsi, daya beli masyarakat," ujarnya. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya