Ganjar Minta Rest Area Tol Jasa Marga Dikelola Masyarakat

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat bertemu PT Jasa Marga.
Sumber :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Jajaran Direksi PT Jasa Marga hari ini, 23 Februari 2021 melakukan pertemuan dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Semarang. Pertemuan tersebut membahas progres pembangunan jalan tol di Jawa Tengah, yaitu Solo-Yogyakarta dan Bawen-Yogyakarta.

Jasa Marga soal Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung Semarang: Sopir Lupa Rem Tangan

Di depan para petinggi PT Jasa Marga, Ganjar meminta rest area sejumlah tol baru dikelola masyarakat. Dengan begitu, maka masyarakat dapat ikut merasakan manfaat dari pembangunan tersebut.

"Saya minta beberapa aspek diperhatikan terkait pembangunan jalan tol di Jateng. Misalnya pemanfaatan rest area, kami minta agar Pemkab dan desa dilibatkan, kalau bisa mereka menjadi pemilik, bisa mengelola atau mungkin jadi investor," kata Ganjar.

Viral Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung, Sopir Pontang-Panting Mengejar

Ia menambahkan, masyarakat bisa merasakan dampak dari pembangunan itu dan program menjadikan rest area sebagai pusat penjualan UMKM bisa terealisasi.

"Kalau bisa rest area - rest area itu betul-betul dialokasikan untuk mereka tanpa membebani. Kalau dulu kan ada sewanya, dan sewanya mahal itu. Maka saya minta ke depan UMKM betul-betul disediakan ruang dan gratis," tegasnya.

Hampir 1,4 Juta Kendaraan Kembali ke Jabotabek dari Mudik Lebaran 2024

Menanggapi hal itu, Direktur Pengembangan PT Jasa Marga, Arsal Ismail siap menindaklanjuti. Pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemda-Pemda terkait yang dilintasi jalan tol untuk pengelolaan rest area.

"Kami akan tindaklanjuti dan bekerjasama dengan Pemda-pemda setempat. Kami akan kasih kesempatan untuk UMKM, karena sesuai aturan itu memang ada kesempatan 30 persen bagi pelaku UMKM, nanti Pemda yang mengatur," katanya.

Laporan kontributor tvOne: Teguh Joko Sutrisno/Semarang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya