IHSG Berpotensi Menguat, Simak Rekomendasi Saham Kamis Ini

Ilustrasi papan saham IHSG.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menghijau di level 6.305 pada pembukaan perdagangan Kamis, 25 Februari 2021. Posisi itu menguat 54 poin atau 0,87 persen, dibanding penutupan perdagangan Rabu, 24 Februari 2021 di level 6.251.

Prudential Indonesia Bayarkan Klaim Asuransi 17 Triliun Selama 2023

Analis Reliance Sekuritas, Lanjar Nafi, memprediksi bahwa IHSG masih akan bergerak terkonsolidasi dengan potensi menguat pada perdagangan hari ini.

"Setelah sebelumnya saham-saham di sektor industri dasar, pertambangan, dan aneka industri memimpin pelemahan lebih dari satu persen," kata Lanjar dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 25 Februari 2021.

Suku Bunga BI Naik Diproyeksi Topang Penguatan IHSG, Cek Saham-saham Berpotensi Cuan

Lanjar menjelaskan, para investor melakukan realisasi keuntungan jangka pendek setelah mengalami penguatan pada sektor-sektor tersebut.

Fenomena bank-bank di bawah BUKU 2 yang berlomba-lomba memperbaiki asetnya setelah pemerintah menaikan batasan Kelompok Bank Berdasarkan Modal Inti (KBMI) menjadi lebih tinggi, menggiring antusias investor terhadap corporate actions yang akan terjadi. 

United Tractors Tebar Dividen hingga Total Rp 8,2 Triliun

"IHSG masih akan bergerak terkonsolidasi dengan potensi menguat dan support resistance 6.193-6.323," ujarnya.

Lanjar juga memberikan rekomendasi mengenai saham-saham yang dapat dicermati pada perdagangan hari ini, di antaranya yakni AALI, ADRO, AGII, BBNI, BMRI, BSDE, ICBP, MNCN, WIKA, WSKT.

Sementara secara teknikal, analis Binaartha Sekuritas, M. Nafan Aji, menjelaskan bahwa berdasarkan rasio fibonacci, support maupun resistance berada pada level 6.179 hingga 6.351.

Berdasarkan indikator, MACD, Stochastic, dan RSI, masih menunjukkan sinyal positif.

"Pergerakan IHSG telah menguji garis MA 10, sehingga peluang terjadinya penguatan minimal menuju ke level resistance terdekat masih terbuka lebar," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya