Pulihkan UMKM, BUMN Ini Implementasikan Warung Pangan di Surabaya

BUMN Luncurkan Aplikasi Warung Pangan di Wilayah Surabaya
Sumber :
  • BUMN

VIVA – PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics, menggelar commercial launching aplikasi Warung Pangan untuk wilayah Surabaya. Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Stafsus Bantah Erick Thohir Perintahkan BUMN Borong Dolar AS, Ini Penjelasannya

Direktur Utama BGR Logistics, M. Kuncoro Wibowo, menjelaskan, aplikasi Warung Pangan ini sudah dirilis sejak Agustus 2020 lalu. Aplikasi ini bertujuan untuk mendukung program #belanjadiwarungtetangga, UMKM go digital, dan berbelanja aman di tengah pandemi COVID-19.

"Serta untuk membantu para petani, peternak, dan nelayan, yang selama ini kesulitan untuk memasarkan produknya," kata Kuncoro dalam keterangan tertulisnya, Kamis 25 Februari 2021.

Erick Thohir: Arahan Saya ke BUMN Beli Dolar Secara Optimal, Terukur, dan Sesuai Kebutuhan

Baca juga: Berantas Penyelundupan Benih Lobster, KKP Gandeng TNI AL

Setelah Warung Pangan sukses dengan 8.000 warung yang terdaftar sebagai mitra Warung Pangan di Jabodetabek dan Bandung sejak Agustus 2020 lalu, kini Warung Pangan resmi hadir dan siap membantu para warung UMKM di Surabaya. 

HUT Ke-61, Taspen Tegaskan Komitmen Genjot Kesejahteraan Masyarakat

"Agar masyarakat bisa berbelanja stok bahan pangan warungnya dengan mudah," ujarnya.

Seluruh transaksi di Warung Pangan dipastikan bebas ongkos kirim, dengan minimal pembelian 100.000 saja. Pilihan pembayaran pun beragam, mulai dari Cash on Delivery (COD), via transfer Bank Mandiri, BRI, BNI, BCA, maupun menggunakan Dana atau LinkAja.

Melalui aplikasi Warung Pangan, para pemilik usaha warung juga dapat memanfaatkan beberapa fitur menarik, seperti WP Asik, WP Fund, dan WP Bayar Nanti yang dapat digunakan untuk mengembangkan usaha warungnya.

Aplikasi Warung Pangan ini didukung penuh oleh pemerintah, melalui sinergi antara Kementerian Koperasi & UKM serta Kementerian BUMN. Kemudian, dengan bergabungnya BGR Logistics dalam Holding BUMN Klaster Pangan, maka aplikasi Warung Pangan ini akan dapat memberikan stok kebutuhan bahan pangan dengan harga stabil, dan relatif lebih terjangkau bagi masyarakat.

Selain menggandeng BUMN Klaster Pangan sebagai supplier bahan pangan, Kuncoro memastikan bahwa BGR Logistics juga mengajak pihak swasta dan koperasi-Koperasi untuk memenuhi bahan pokok di warung-warung. Sehingga, para UMKM atau pemilik usaha warung akan tergerak bergabung menjadi mitra Warung Pangan, dan ikut menyukseskan program yang telah dicanangkan pemerintah tersebut.

"Demi terwujudnya UMKM go digital dan ketahanan pangan di Indonesia," ujarnya.

Diketahui, aplikasi Warung Pangan adalah aplikasi mobile yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN bersama Kementerian Koperasi dan UKM, yang dikembangkan oleh PT BGR Logistics dan bekerja sama dengan BUMN Cluster Pangan serta jaringan supplier lainnya. Aplikasi ini dapat digunakan oleh para pelaku UMKM, untuk membeli dan menjual ketersediaan komoditas pangan di tempat usahanya kepada masyarakat luas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya