IHSG Bakal Lanjutkan Penguatan, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Ilustrasi papan IHSG
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Indeks harga saham gabungan atau IHSG menghijau di level 6.378 pada pembukaan perdagangan Selasa, 2 Maret 2021. Posisi itu menguat 40 poin atau 0,64 persen, dibanding penutupan perdagangan Senin 1 Maret 2021 di level 6.338.

IHSG Menguat Ditopang Capaian Penerimaan Pajak, tapi Dihantui Pelemahan Rupiah

Analis Reliance Sekuritas, Lanjar Nafi, memprediksi bahwa IHSG memiliki potensi untuk melanjutkan penguatan pada perdagangan hari ini.

"Hal itu didukung dorongan positif dari katalis global, yang mulai rebound di awal bulan Maret setelah mengalami koreksi di akhir Februari," kata Lanjar dalam keterangan tertulisnya, Selasa 2 Maret 2021.

IHSG Berpotensi Menguat dan Kembali Cetak Rekor Tertinggi Sepanjang Masa

Selain itu, Lanjar juga menjelaskan bahwa kebijakan pemerintah terhadap relaksasi pajak pembelian rumah hingga kendaraan bermotor, memacu optimisme investor terhadap pospek bisnis di sektor tersebut.

Dari sisi global, para bank sentral dari Asia hingga Eropa berusaha meyakinkan investor bahwa dukungan kebijakan akan tetap ada, meskipun prospek pertumbuhan dan inflasi lebih cepat di tengah pemulihan ekonomi yang sedang berlangsung.

IHSG Dibayangi Pelemahan Meski Kinerja APBN Surplus

"Sehingga IHSG berpotensi melanjutkan penguatan dengan support resistance 6.338-6.400," ujarnya. 

Lanjar juga memberikan rekomendasi mengenai saham-saham yang dapat dicermati pada perdagangan hari ini, di antaranya yakni ACES, ADHI, ASII, ERAA, INTP, JSMR, SMGR, WIKA, WSKT

Sementara secara teknikal, analis Binaartha Sekuritas, M. Nafan Aji, menjelaskan bahwa berdasarkan rasio fibonacci, support maupun resistance berada pada level 6.256 hingga 6.351.

Berdasarkan indikator, MACD, Stochastic, dan RSI, masih menunjukkan sinyal positif.

"Terlihat pola upward bar yang mengindikasikan adanya potensi penguatan lanjutan pada pergerakan IHSG, sehingga berpeluang menuju ke resistance terdekat," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya