Kemendag Sebut Tak Ada Kenaikan Harga Tahu Tempe pada Maret 2021

Perajin tahu dan tempe di Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Risky Andrianto

VIVA – Kementerian Perdagangan menyatakan bahwa harga tahu dan tempe saat ini masih stabil. Kondisi harga ini masih bisa terjaga di tengah masih naiknya harga kedelai di pasar dunia.

Integrasi TikTok Shop-Tokopedia Rampung, Kemendag Pastikan Awasi Ketat Transaksi

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Kemendag Syailendra mengatakan, harga kedelai impor di tingkat pengrajin tahu dan tempe sama seperti bulan lalu, yaitu stabil pada kisaran harga Rp9.500 per kg.

Dengan demikian, dia menekankan, harga tahu masih terus stabil di kisaran Rp650 per potong dan harga tempe di kisaran Rp16.000 per kg. Oleh sebab itu, tidak ada kenaikan harga komoditas ini di pasaran.

Zulhas Enggan Revisi Aturan Barang Bawaan dari Luar Negeri: Bayar Pajak Dong!

"Meskipun saat ini terjadi sedikit kenaikan harga kedelai dunia, Kementerian Perdagangan menjamin stok kedelai penyediaan bulan Maret 2021 masih cukup," tutur dia dikutip dari keterangan tertulis, Selasa, 2 Maret 2021.

Baca juga: IHSG Bakal Lanjutkan Penguatan, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Migrasi TikTok Shop ke Tokopedia Dikawal Ketat Kemendag, Ekonom: Dorong Digitalisasi UMKM

Syailendra menyatakan, berdasarkan data Chicago Board of Trade (CBOT), harga kedelai dunia untuk penyediaan Februari 2021 masih berada di kisaran US$13,71 per bushels dan untuk penyediaan Maret, naik 0,8 persen menjadi US$13,82 per bushels bulan ini.

Lebih lanjut, Syailendra menyampaikan, sejak paruh kedua tahun lalu harga kedelai dunia mulai merangkak naik hingga hampir 30 persen. Hal tersebut berdampak pada penyesuaian harga tahu dan tempe di pasar yang naik menjadi rata-rata 20 persen.

“Penyesuaian harga tahu dan tempe di pasar merupakan dampak dari adanya kenaikan harga kedelai dunia karena mayoritas kebutuhan kedelai di Indonesia masih dipenuhi oleh impor," tuturnya.

Syailendra mengimbau para importir yang memiliki stok kedelai untuk terus memasok kedelai secara rutin kepada seluruh perajin tahu dan tempe termasuk anggota Gabungan Koperasi Tahu Tempe Indonesia Gakoptindo.

Anggota ini terdiri dari yang berada di Pusat Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia (Puskopti) Provinsi maupun di Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia (Kopti) Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya