IHSG Dibuka Menghijau, Berikut Rekomendasi Saham Hari Ini

Papan elektronik IHSG di Bursa Efek Indonesia (foto ilustrasi)
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Indeks harga saham gabungan atau IHSG menghijau di level 6.383 pada pembukaan perdagangan Rabu 3 Maret 2021. Posisi itu menguat 24 poin atau 0,38 persen, dibanding penutupan perdagangan Selasa 2 Maret 2021 di level 6.359.

IHSG Menguat Ditopang Capaian Penerimaan Pajak, tapi Dihantui Pelemahan Rupiah

Analis Reliance Sekuritas, Lanjar Nafi, memprediksi bahwa IHSG memiliki potensi untuk mengalami tekanan pada perdagangan hari ini.

"Setelah sebelumnya terdapat tekanan pada indeks sektor pertambangan dan infrastruktur," kata Lanjar dalam keterangan tertulisnya, Rabu 3 Maret 2021.

IHSG Berpotensi Menguat dan Kembali Cetak Rekor Tertinggi Sepanjang Masa

Lanjar menjelaskan, pelemahan mayoritas ekuitas Asia dan indeks berjangka Amerika Serikat, menjadi alasan bagi para investor untuk cenderung berhati-hati.

Secara global, para investor masih khawatir akan prospek inflasi yang lebih cepat, seiring dengan pemulihan ekonomi dunia yang telah menimbulkan kekhawatiran bahwa kebijakan moneter mungkin harus diperketat lebih cepat dari yang diharapkan.

IHSG Dibayangi Pelemahan Meski Kinerja APBN Surplus

"IHSG berpotensi alami tekanan pada perdagangan selanjutnya untuk jangka pendek dengan support resistance 6.296-6.391," ujarnya.

Lanjar juga memberikan rekomendasi mengenai saham-saham yang dapat dicermati pada perdagangan hari ini, di antaranya yakni ACES, HOKI, ERAA, INKP, JSMR, TPIA.

Sementara secara teknikal, analis Binaartha Sekuritas, M. Nafan Aji, menjelaskan bahwa berdasarkan rasio fibonacci, support maupun resistance berada pada level 6.256 hingga 6.455.

Berdasarkan indikator, MACD dan RSI masih menunjukkan sinyal positif. Namun demikian, Stochastic mulai menunjukkan jenuh beli atau overbought.

"Di sisi lain, terlihat pola bearish spinning top candle yang mengindikasikan adanya potensi koreksi wajar pada pergerakan IHSG," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya