Menko Luhut Ingatkan Para Pejabat Jangan Sombong: Jabatan Sementara

Menko Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.
Sumber :
  • Instagram @luhut.pandjaitan

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan meminta para pejabat negara bekerja dengan sepenuh hati. Sebab jabatan yang diemban saat ini dikatakannya hanyalah sementara.

KPK Ungkap Background Pejabat Pemilik Aset Kripto Miliaran

Apalagi, Luhut menekankan, dengan jabatannya tersebut, para pejabat tidak seharusnya bersikap sombong dan merasa hebat. Melainkan, harus bisa berkontribusi aktif untuk rakyat.

Hal ini Luhut sampaikan saat memberi arahan pada acara Karya Kreatif Indonesia 2021 di Lombok yang dihadiri Gubernur Bank Indonesia, Menteri Koperasi dan UKM, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Menteri Komunikasi dan Informatika.

Heboh Kasus Korupsi Rp3.000 T dari Rafael Alun yang Mengalir ke 25 Artis, Begini Faktanya

"Saya titip pada kita semua pejabat mari kita kerja dengan hati jangan kita merasa sombong dan hebat karena kita pada posisi ini, ini posisi hanya sementara," tegas dia secara virtual, Rabu, 3 Maret 2021.

Di sisi lain, Luhut juga menilai, masih banyak pejabat-pejabat negara yang tidak menggunakan produk-produk buatan dalam negeri selama bertugas. Padahal sudah ada Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Proyek Kereta Cepat Dilanjutkan Sampai Surabaya, Luhut Bentuk Tim Percepatan dengan China

"Tapi masih banyak pejabat-pejabat kita yang mengabaikan aturan-aturan yang sudah ada bahwa harus menggunakan produk-produk dalam negeri sepanjang itu bisa dibuat dalam negeri dan itu sudah masuk LKPP," ungkap Luhut.

Oleh sebab itu, Luhut meminta para pejabat mau untuk bekerja sama dalam tim dan terintegrasi untuk memajukan ekonomi rakyat, khususnya dengan mendukung produk-produk dalam negeri buatan UMKM.

"Tetaplah kita kerja sama kesampingkan ego sektoral, jangan merasa ini bagiannya, ini bagian kita ramai-ramai dan kita harus selesaikan secara gotong royong untuk sebuah hasil yang optimal," ungkap Luhut.

Luhut berharap, pejabat di kementerian dan lembaga maupun di daerah harus bisa terus mengembangkan tempat-tempat wisata di daerah dengan kolaborasi. Terutama untuk meningkatkan daya tariknya.

"Yang terpenting perekonomian masyarakat dapat bergerak dan terus tumbuh. Ini saya minta kita semua harus bekerja dalam tim, terintegrasi, sehingga tidak ada segmented yang kental. Tanpa kita terintegrasi sulit mencapai apa yang kita mimpikan ini," papar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya