Canda Jokowi: Kabinet Sekarang, Kabinet Hipmi 

Presiden Jokowi.
Sumber :
  • Instagram @jokowi

VIVA – Presiden Joko Widodo mengawali pidatonya dalam pembukaan Rapat Kerja Naisonal XVII Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) dengan berseloroh. Menurut dia, beberapa anak buahnya di jajaran menteri adalah alumnus Hipmi. 

CEO Freeport Temui Jokowi di Istana, Bahas Smelter hingga Perpanjangan Izin Tambang

Dia menyebut, di antaranya Sandiaga Uno, Muhammad Lutfi, Erick Thohir, dan Bahlil Lahadalia. Mereka, kecuali Erick, juga tercatat sebagai mantan ketua umum Hipmi.

"Kabinet Indonesia Maju sekarang ini kaya Kabinet Hipmi. Saya enggak tahu berapa yang dari Hipmi," ujar Jokowi dalam forum itu di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Jokowi Inaugurates Gumbasa Dam with Total of IDR 1.25 Trillion

Saat menyampaikan hal itu, Bahlil dan Ketua Umum Hipmi Mardani H. Maming tertawa mendengar pernyataan Presiden. Jokowi juga bertanya kepada para tamu yang hadir seperti Erick dan Lutfi mengenai siapa lagi menteri yang alumnus Hipmi.

Berdasarkan pantauan VIVA, Jokowi dan para pejabat, serta Ketua Hipmi Maming, kompak mengenakan kemeja batik berwarna biru. "Banyak sekali ini kabinet Hipmi," ujarnya.

Tim Hukum Ganjar-Mahfud Beberkan 3 Nepotisme Jokowi

Jokowi mengingatkan tantangan yang dialami para pengusaha selama masa pandemi COVID-19 satu tahun belakangan. Dia juga yakin kader-kader Hipmi di Jakarta maupun di daerah membalikkan tantangan menjadi peluang. 

"Bukan hanya pengusaha, tapi seluruh rakyat Indonesia. Dan bahkan seluruh warga dunia menghadapi krisis kesehatan dan krisis perekonomian yang berat. Tapi saya meyakini para kader Hipmi tidak ada kata menyerah, tidak ada istilah patah semangat," kata Jokowi.

Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

KPU Sebut Gugatan Ganjar-Mahfud yang Singgung Jokowi Salah Sasaran

KPU RI menilai gugatan kubu Ganjar-Mahfud yang menyinggung soal penyalahgunaan kekuasaan Presiden RI Jokowi salah sasaran.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024