Jokowi: Jangan Mereka Untung Kita Jadi Penonton

Presiden Jokowi
Sumber :
  • Setkab

VIVA – Presiden Jokowi mengatakan keterbukaan Indonesia terhadap investasi bukan dilakukan dengan cuma-cuma. Jokowi meminta, jajarannya investasi langsung yang datang ke Tanah Air harus mendapat keuntungan bagi Indonesia. Mereka para pengusaha asing amat diperbolehkan pabriknya di Indonesia. Tapi dengan satu syarat, ekspor produk mereka harus keluar dari Indonesia.

Di Depan Para Pengusaha Ritel, Airlangga Sebut Aturan Impor Bakal Direvisi

"Silakan pasarnya ekspor dan dalam negeri sehingga kita maju bersama-sama. Jangan mereka dapat untung kita jadi penonton. Tidak boleh seperti itu lagi," kata Jokowi saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVII Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat 5 Maret 2021.

Jokowi menyatakan, investasi yang datang dari luar juga menggandeng pihak swasta dalam negeri. Antara asing dan swasta dalam negeri bisa berkolaborasi. Misalkan, mulai dari transfer teknologi dan tentu hal itu juga meningkatkan kemampuan SDM para pekerja Indonesia.

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

"Untuk bisa mengikut dan naik kelas sehingga sehingga membuka lapangan pekerjaan seluas- luasnya untuk masyarakat," kata Jokowi.

Pada kesempatan itu Kepala Negara juga meminta pelibatan pengusaha-pengusaha kecil dan menengah di daerah. Satu pengusaha besar diandaikan mampu merangkul UMKM dalam setiap investasinya. Menurut Jokowi, saat ini persaingan bisnis global sangat ketat karena dengan cepat berubah karena mengalami era disrupsi yang ditandai kebiasan orang bergeser karena salah satu faktornya adalah teknologi

3 Faktor Pemicu Approval Rating Jokowi Masih Tinggi Versi Survei LSI

"Sekarang ini banyak praktik-praktik predatory pricing. Hati- hati dengan ini bisa membunuh yang kecil-kecil. Itu yang berkali-kali saya sampaikan kepada pak menteri, khususunya pak Menteri Pedagangan agar ini dipagari," tutur Jokowi.
 

Menhub Budi Karya Sumadi.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi resmi menutup Posko Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2024. 242 juta pemudik pun bergerak pada momen tersebut.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024