Pinjaman di Bawah Rp1 Juta Tak Dipungut Bunga di Pegadaian

Pegadaian
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

VIVA – PT Pegadaian (Persero) memperpanjang Program Gadai Peduli sampai tanggal 30 Juni 2021. Program Gadai Peduli adalah program gadai tanpa bunga (bunga 0 persen), untuk pinjaman kurang dari Rp1 juta.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Direktur Utama PT Pegadaian, Kuswiyoto, menjelaskan bahwa perpanjangan program ini dilakukan untuk membantu meringankan beban masyarakat, yang mengalami kesulitan di tengah pandemi COVID-19.

"Program bunga 0 persen merupakan bukti kepedulian perusahaan terhadap masyarakat selama pandemi COVID-19," kata Kuswiyoto dalam keterangan tertulisnya, Jumat 5 Maret 2021.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Baca juga: Sindir Peserta KLB Demokrat, Annisa Pohan: Gagal Fokus Kaosnya

Program Gadai Peduli yang sudah berlangsung sejak Mei 2020 ini mencatat bahwa hingga akhir Desember 2020, program ini sudah dimanfaatkan oleh lebih dari 2,82 juta nasabah dengan total pinjaman Rp1,85 triliun dan rata-rata pinjaman Rp686 ribu.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Kami berharap, program ini bisa membantu masyarakat dalam menghadapi kesulitan," ujarnya.

Diketahui, Program Gadai Peduli merupakan program pemberian pinjaman tanpa bunga, yang diberikan kepada masyarakat seperti mahasiswa, ibu rumah tangga, buruh, maupun kalangan masyarakat dengan barang jaminan tertentu.

Program ini berlaku untuk nasabah baru dengan pinjaman sampai dengan Rp1 juta rupiah, dan dengan jangka waktu kredit maksimal 90 hari.

Program ini dapat diakses di seluruh outlet Pegadaian dengan cara menggadaikan barang dan melampirkan fotokopi KTP, Kartu Keluarga, serta mengisi formulir yang sudah disiapkan. Agar program ini bermanfaat bagi lebih banyak orang, maka setiap keluarga ditentukan hanya boleh mengakses satu transaksi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya