Mendag Ungkap Praktik Curang Seller Asing yang Dibenci Jokowi

Mendag M Lutfi.
Sumber :
  • Repro video.

VIVA – Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Muhammad Lutfi mengungkap ada perusahaan e-commerce yang menjual produk-produk luar negeri di Indonesia tanpa mengikuti aturan standar nasional Indonesia (SNI) hingga membahayakan bagi kesehatan konsumen. Hal inilah, menurutnya yang memicu Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ajakan untuk benci produk yang berasal dari asing.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

"Terkadang, mereka mengadakan dengan cara-cara yang curang, produk-produk Indonesia dikerjakan lokal dihantam produk impor, terkadang tidak punya SNI dan berbahaya buat masyarakat serta lingkungan," kata Lutfi dikutip dari tvOne pada Sabtu, 6 Maret 2021.

Baca juga: Tolak KLB Deli Serdang-Moeldoko, DPD Demokrat Papua Siap Perang

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

Menurut dia, para pedagang Indonesia melakukan komplain terhadap produk-produk asing yang dijual di republik ini. Sebab, mereka yang berjualan di sini harus mempunyai standar nasional Indonesia (SNI). Tapi, produk asing begitu masuk seenaknya saja tanpa menghargai peraturan dan asas perdagangan di Indonesia.

"Kadang-kadang barangnya itu mempunyai permasalahan pada kesehatan berbahaya bagi kesehatan konsumen, mereka masuk membayar bea masuk dengan jumlah kecil. Mereka menggunakan diskon-diskon di luar perdagangan yang adil, memotong kompetitif. Ketika mereka sendirian, akan menaikkan harganya untuk keuntungan setinggi-tingginya. Itu yang salah," ujarnya.

3 Faktor Pemicu Approval Rating Jokowi Masih Tinggi Versi Survei LSI

Memang, kata dia, Indonesia menerapkan pasar terbuka seperti yang diutarakan Presiden Jokowi. Makanya, pasar Indonesia bukan proteksionisme mengingat tidak akan mendapat manfaat bagi perdagangan dan tidak bisa memerangi kemiskinan.

"Kita tidak pernah punya semangat untuk mem-protect, makanya pasar terbuka," jelas dia.

Menhan Prabowo Subianto bertemu dengan eks PM Britania Raya Tony Blair.

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

Pertemuan Tony Blair dengan Prabowo dilakukan di kantor Kementerian Pertahanan, Jumat hari ini.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024