Menteri Basuki: Tol Jakarta-Cikampek II Selesai Maret 2022

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.
Sumber :
  • Dokumentasi BNPB.

VIVA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadi Muljono, memprediksi bahwa Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan Seksi III Taman Mekar-Sadang, akan rampung pada sekitar Maret 2022.

Polisi Sebut Kecelakaan Beruntun di GT Halim Libatkan 9 Kendaraan

Bersama PT Jasamarga Japek Selatan, Basuki menjelaskan bahwa pihaknya membangun Jalan Tol Japek II Selatan ini adalah untuk menghubungkan Tol Jakarta Outer Ring Road  (JORR) 1, JORR 2, dan Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi). 

"Kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan produktif seperti ini akan memperlancar aksesibilitas masyarakat, mengurangi biaya logistik, dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri," kata Basuki dalam keterangan tertulisnya, Minggu 7 Maret 2021.

Jokowi Resmikan Huntap hingga Proyek Infrastruktur Pascabencana di Sulteng

Tol Japek II Selatan yang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) ini dibangun melalui pembiayaan APBN/APBD, BUMN, dan Swasta. Hal ini sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 109 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang diterbitkan pada 17 November 2020. 

Basuki menambahkan, Tol Japek II Selatan tersebut nantinya akan memiliki tujuh buah Gerbang Tol (GT) yaitu, GT Jati Asih, GT Bantar Gebang, GT Setu, GT Sukaragam, GT Taman Mekar, GT Kutanegara, dan GT Sadang. 

SMI Bakal Tambah Kepemilikan Saham di Tol Bocimi Jadi 55 Persen Tahun Ini

"Keberadaan Tol Japek II Selatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pengembangan wilayah kawasan industri, perumahan, maupun wisata di sepanjang trase jalan tol tersebut," ujarnya.

Diketahui, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II  Selatan membentang sepanjang 62 Km dengan biaya senilai Rp8,8 triliun, terbagi dalam tiga seksi pembangunan yakni Seksi I Jatiasih-Setu (9,3 Km), Seksi II Setu-Taman Mekar (24,85 Km), dan seksi III Taman-Mekar Sadang (27,85 Km).

Untuk seksi I dan II masih dalam tahap pembebasan tanah, dan konstruksinya ditargetkan rampung pada Juni 2022 mendatang. Sedangkan Seksi III, progres konstruksinya telah mencapai 42,58 persen dan ditargetkan rampung pada Maret 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya