KPC Lanjutkan Program Penyediaan Air Minum di Kalimantan Timur

KPC Lanjutkan Program Penyediaan Air Minum di Kalimantan Timur.
Sumber :
  • Dokumentasi KPC.

VIVA – PT BUMI Resources Tbk melalui anak usahanya di bidang energi, PT Kaltim Prima Coal (KPC) melanjutkan program pembangunan berkelanjutan atau sustainable development

Pupuk Kaltim Gelontorkan Rp 3 Miliar Gelar Safari Ramadhan 2024 di Bontang

Program ini terkait sistem penyediaan air minum desa di Kecamatan Rantau Pulung, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur (Kaltim).

"Program ini menjadi bukti bahwa BUMI dan unit usaha memiliki komitmen untuk terus mendukung terlaksananya program Pemerintah dalam Sustainable Development Goals (SDGs),"kata Adika Nuraga Bakrie selaku Deputy President Director BUMI, dalam keterangannya, Minggu 14 Maret 2021.

Mudik Gratis BUMN, PKT Fasilitasi Ratusan Pemudik Rute Bontang ke Samarinda hingga Banjarmasin

Baca juga: Digugat Pailit Setelah 8 Dekade Beroperasi, Sepatu Bata Tetap Produksi

Berada di sejumlah desa, KPC berkomitmen pada kemandirian desa di lingkungan sekitar operasional mereka, khususnya Kecamatan Rantau Pulung.

Cek Arus Mudik di Bandara APT Pranoto Samarinda, Pj Gubernur Kaltim Bilang Begini

"Kami akan terus berpartisipasi dan meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat sekitar tambang, mematuhi semua peraturan lingkungan, dan meningkatkan peran perusahaan dalam pengelolaan lingkungan. Kemudian konservasi dan efisiensi dalam penggunaan sumber daya alam (air dan energi), pelestarian keanekaragaman hayati, dan melaksanakan program pengembangan masyarakat (Community development)," tambahnya.

Aga Bakrie, begitu ia disapa, mengatakan bahwa melalui program dengan nama Spamdes itu, KPC kali ini menyalurkan berupa peralatan pendukung seperti reservoir dan box meteran air bersih. Alat itu disampaikan pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Rantau Pulung, baru- baru ini.

Aga juga menambahkan, KPC sebagai perusahaan konsisten memenuhi kewajiban kepada negara dan terus memberikan perhatian pada penggunaan produk dalam negeri.

"BUMI adalah penyumbang terbesar kepada kas negara, tertinggi di Indonesia dalam hal royalti dan juga devisa hasil ekspor. Serta termasuk dalam pembayar pajak terbesar di Indonesia dan Perseroan terus fokus dalam memanfaatkan penggunaan produk domestik,” ujar Adika.

Adapun serah terima bantuan dilakukan langsung oleh General Manager External Affairs and Sustainable Development (ESD) Wawan Setiawan, kepada Camat Rantau Pulung Mulyono. Acara ini pun turut disaksikan oleh Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman. Selain itu, diserahkan juga bantuan peralatan olahraga tenis meja dan bola voli.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya