Catat, Mentan Jamin 12 Komoditas Pangan Ini Aman hingga Lebaran 2021

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo.
Sumber :

VIVA – Menteri Pertanian Syahril Yasin Limpo memastikan ketersediaan 12 komoditas pangan pokok strategis nasional aman terkendali dalam menghadapi bulan puasa hingga Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran 2021. 

Daftar Harga Pangan 25 April 2024: Bawang Merah hingga Daging Sapi Naik

Daftar 12 komoditas pangan tersebut adalah beras, jagung, kedelai, bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai rawit, daging sapi/kerbau, daging ayam ras, telur ayam ras, gula pasir, dan minyak goreng.

"12 komoditas yang ada aman dan dalam kendali penuh," kata Mentan Syahrul Yasin Limpo dalam Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi IV DPR RI di Jakarta, dikutip Jumat 19 Maret 2021.

Kembangkan Produk Urea dan Amonia, Pupuk Indonesia Gandeng BUMN Brunei BFI

Baca juga: Erick Thohir Angkat Mantan Bos Pertamina Jadi Dirut PPI

Menteri Syahrul mengatakan, ketersediaan pangan selama masa bulan puasa hingga Lebaran mendapatkan perhatian serius Pemerintah. Langkah-langkah antisipasi dilakukan berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya.

Daftar Harga Pangan 23 April 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Turun

Menurutnya, Presiden Joko Widodo saat membuka Rakernas Kementerian Perdagangan pada 4 Maret lalu juga mewanti-wanti.  Bahwa sangat penting untuk memastikan stabilisasi dan jaminan harga beragam bahan pangan pokok.

"Kementan akan tetap berkomitmen menjaga ketersediaan pangan menjelang bulan Ramadan dan hari besar keagamaan Idul Fitri," tambahnya.

Lebih lanjut menurutnya, untuk menjaga ketersediaan pangan, ada beberapa komoditas memang masih perlu diimpor. Seperti kedelai, bawang putih, daging sapi/kerbau, dan gula pasir. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya