Erick Thohir: MES Siap Optimalkan Potensi Ekonomi Syariah RI

Erick Thohir resmi dilantik sebagai Ketua Umum PP Masyarakat Ekonomi Syariah
Sumber :
  • Doni/SetwapresRI

VIVA – Wakil Presiden Ma'ruf Amin, selaku Ketua Dewan Pembina Pengurus Pusat (PP) Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) resmi melantik jajaran PP MES 2021-2024. Erick Thohir resmi menjadi Ketua Umum PP MES.

Erick Imbau BUMN Beli Dolar AS Besar-besaran, Menko Perekonomian hingga Wamenkeu Bilang Gini 

Saat pelantikan Pengurus MES di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Senin, 22 Maret 2021, Erick mengatakan, MES dapat menjadi wadah ekosistem ekonomi syariah bagi seluruh pemangku kepentingan.

"Kita ingin mendorong terbentuknya ekosistem ekonomi syariah yang efektif sehingga tidak perlu terjadi lagi yang namanya dikotomi sektor keuangan dan perbankan syariah dengan sektor riil," ujar Erick.

Timnas Indonesia U-23 Pasti Raih Hasil Bagus, Main 9 Orang Saja Bisa Repotkan Qatar

Menurut Erick, kehadiran sebuah ekosistem ekonomi syariah merupakan keharusan mengingat Indonesia merupakan negara dengan penduduk beragama Islam terbesar di dunia. 

Terlebih lagi, dia melanjutkan sektor keuangan dan perbankan syariah memiliki daya tahan dalam menghadapi berbagai situasi krisis. Bahkan, bisa memiliki kekuatan besar dalam menghadapi krisis tersebut.

Justin Hubner Gabung, Waktunya Indonesia U-23 Mati-matian Raih Kemenangan

Untuk itu, Erick berharap MES dapat menjadi jembatan bagi seluruh pemangku kepentingan ekonomi syariah, khususnya Bank Indonesia, OJK, LPS, dan KNEKS dengan lembaga pemerintah dan lembaga lainnya. 

Tak hanya itu, MES juga menurutnya bisa bersinergi dengan BUMN mendorong perkembangan industri halal, seperti makanan, minuman, fesyen, obat-obatan dan kosmetik, media, kesehatan, serta pariwisata.

"MES harus bisa hadir dan memberikan, menyediakan solusi atas berbagai permasalahan yang ada di masyarakat. MES juga harus mampu mengoptimalkan potensi yang dimiliki bangsa," kata Erick.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya