Sambangi Gorontalo, Rachmat Gobel Kembangkan Sektor Pertanian

Rachmat Gobel
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel, mengawali kunjungannya ke Gorontalo dengan menyambangi Desa Tapadang Kecamatan Dungalio, Gorontalo, Selasa kemarin. Dalam kesempatan itu, Rachmat Gobel menghadiri kegiatan Diseminasi Teknologi Pertanian.

Kemenag Berikan Bantuan untuk Pendidikan Islam dan Pesantren: Simak Syarat dan Ketentuannya

Salah satu fokus perhatian Rachmat Gobel (RG) terkait program peningkatan produktivitas pertanian melalui aplikasi Agro Solution tanaman pada sawah yang mendapat dukungan dari KUR sektor pertanian Kabupaten Gorontalo.

Dalam sambutannya, Rachmat Gobel mengungkapkan komitmennya untuk membangun Gorontalo yang memiliki Sumber daya alam melimpah, tinggal bagaimana berpikir untuk mengolahnya. Tak lupa ia juga mengimbau instansi-instasi terkait untuk mengawasi pendistribusian beras dari luar.

MK Dibanjiri Karangan Bunga Dukung Prabowo-Gibran

"Saya mengimbau kepada kepolisian, kejaksaan dan yang terkait untuk mengawasi distribusi beras dari luar ya", kata Rachmat Gobel dalam kesempatan itu.

Selain itu RG menekankan untuk  peningkatan pangan sebagai awal sebelum melakukan pengembangan infrastruktur. Produktifitas Pertanian merupakan fokus yang harus diperkuat, apalagi adanya dukungan dari Dirjen PSP Kementan dan Pupuk Indonesia untuk penyediaan pupuk bagi petani.

HUT Ke-61, Taspen Tegaskan Komitmen Genjot Kesejahteraan Masyarakat

Hadir juga dalam kesempatan itu, perwakilan Pupuk Indonesia Suprioto. Ia mengatakan Pupuk Indonesia telah bertransformasi dan berusaha mendekatkan diri kepada petani petani di Indonesia dengan melakukan kemitraan agro solution. Tujuannya memberikan pendampingan kepada petani, melalui bimbingan teknis hingga penyediaan pupuk.

"Pupuk Indonesia telah bertransformasi dan berusaha mendekatkan diri dengan petani melalui program Agro solution, dengan melakukan pendampingan hingga penyediaan pupuk bagi petani,” jelas Suprioto.

Selain itu, Pupuk Indonesia menargetkan 50 ribu hektar untuk beberapa jenis tanaman pertanian. Ia pun berharap peran stakeholder untuk mendukung program agro solution dapat sesuai target.

Sementara itu, Sekretaris Dirjen PSP Kementrian Pertanian RI, Gunawan, mengatakan sektor pertanian menjadi prioritas utama pemerintah untuk menjadi sektor pemulihan ekonomi nasional dimasa pandemi ini. Untuk kedepan pihaknya siap memberikan bantuan dalam pengadaan pupuk bagi pertanian di Gorontalo.

"Kedepannya kami siap memberikan dukungan dan bantuan sarana prasarana dalam pengadaan pupuk bagi pertanian di Gorontalo", ujar Gunawan.

Usai memberikan sambutannya, RG menyaksikan penandatanganan kemitraan dengan beberapa instansi dan penyerahan KUR bagi petani. Kemudian RG juga menyaksikan simulasi penggunaan traktor untuk petani yang merupakan bantuan langsung dari RG.

Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Dirjen PSP Kementrian Pertanian RI, Sekretaris Dinas Pertanian Gorontalo, Bupati Bone Bolango dan instansi perbankan, asuransi, koperasi, dan kelompok petani.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya