Ridwan Kamil Gagas Kafe di Atas Jembatan, Diklaim Terunik di Indonesia

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam kunjungan kerja di Kabupaten Sukabumi, Rabu, 24 Maret 2021.
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan jembatan penyambung Kabupaten Sukabumi dengan Kabupaten Cianjur pada 24 Maret 2021. Jembatan yang dibangun dengan dana sebesar Rp60 miliar itu, menurutnya, akan menyokong kunjungan wisata di daerah sekitar seperti pemandian air panas.

Vokalis Hindia Geram Lagunya Dipakai Anak Ridwan Kamil Promosi Produk Pro Israel

Di kawasan jembatan yang terletak di Kecamatan Cibuni itu, katanya, memiliki potensi pariwisata berupa pemandian air panas belerang. Keberadaan jembatan baru yang lebih baik akan meningkatkan kunjungan dan kemudian meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar.

Jembatan yang baru diresmikan dibangun di area baru, sementara jembatan yang sebelumnya tetap dipertahankan meski tidak akan difungsikan lagi untuk lalu lintas.

Setelah Lepas Hijab, Putri Ridwan Kamil Tegaskan Tak akan Kenakan Pakaian Terbuka

Ridwan Kamil telah memikirkan konsep baru, yakni memanfaatkan bangunan jembatan untuk dijadikan kafe, yang diharapkan juga dapat menjadi destinasi baru wisata di sana. “Kita jadikan keunikan pertama di Indonesia— kafe di atas jembatan," ujarnya.

Ridwan Kamil menilai, langkah itu memanfaatkan potensi pariwisata masyarakat luar ke pelosok karena sulit mendapat rekreasi. Konsep itu selaras dengan kebiasaan baru masyarakat selama pandemi COVID-19 yang lebih menyukai aktivitas di luar ruangan, termasuk bersepeda.

Punya Harta Rp23 M, Intip Koleksi Kendaraan Ridwan Kamil yang Ditugaskan Maju Pilgub Jakarta

Konsep pariwisata regional di Jawa Barat, katanya, akan menguntungkan. Sebab konsumen pariwisata mayoritas warga Jawa Barat. "Kalau kita, mendesain untuk warga kita, yang hobi piknik, maka yang datang ke Jawa Barat itu hampir 60 juta dengan konsep pariwisata regional, bukan internasional," ujarnya.

"Supaya ekonomi pariwisata ini baik, maka akses ke curug, situ, bukit-bukit, harus diperbaiki; kita kerja sama mana yang bagian kabupaten, [atau] provinsi, karena pariwisata jadi prioritas saya," katanya.

Ridwan Kamil dan Raffi Ahmad

Terungkap Perbedaan Alasan Ridwan Kamil dan Raffi Ahmad yang Putuskan Adopsi Anak

Ridwan Kamil dan Raffi Ahmad Nagita Slavina sama-sama dikenal karena telah mengadopsi seorang anak, yang menjadi sorotan publik dan mempunyai alasan tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024