Ajak Umat Islam Divaksin, Airlangga: Agar Ekonomi Nasional Membaik

Menko Perekonomian dan Ketua KPC PEN, Airlangga Hartarto
Sumber :
  • Kemenko Perekonomian

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomain Airlangga Hartarto menyampaikan program vaksinasi yang kini tengah digencarkan pemerintah sebagai salah satu upaya untuk memulihkan perekonomian.

Airlangga Respons PDIP: Jokowi-Gibran Masuk Keluarga Besar Golkar, Tinggal Formalitasnya Saja

Dia mengatakan seluruh pihak hingga saat ini dalam proses divaksin. Hal ini termasuk para ulama umat Islam. Untuk itu, ia mengimbau agar masyarakat aktif untuk mengajak vaksinasi supaya tercipta kekebalan komunal.

"Kita semua umat muslim, khususnya jemaah ikhwanul muballighin untuk mengajak masyarakat mengikuti vaksinasi agar herd immunity bisa tercapai sehingga ekonomi nasional semakin membaik,” kata Airlangga dalam acara Kongres IV DPP Ikhwanul Muballighin, seperti dikutip Minggu, 28 Maret 2021.

Airlangga Respons Gugatan PDIP di PTUN: Keputusan MK Sudah Final

Dia menjelaskan, jumlah penduduk yang divaksin akan menembus 10 juta penduduk dengan kecepatan vaksinasi mendekati 500 ribu penyuntikan per hari. Targetnya pada akhir tahun 70 persen masyarakat sudah divaksin.

Pun, ia menekankan vaksin yang diberikan juga sudah mendapatkan Emergency Use Authorization (EUA). Kemudian, dinyatakan halal oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Airlangga Dapat Dukungan Satkar Ulama jadi Ketum Golkar Lagi, Didoakan Menang Aklamasi

Terkendalinya kasus COVID-19 melalui vaksinasi dan PPKM Mikro menurutnya akan menciptakan peningkatan kepercayaan masyarakat. Hal ini tercermin dari meningkatnya tren indeks dan frekuensi belanja.

Kemudian, dari sisi perekonomain, dia menekankan, pemeritah sudah mendukung upaya pemulihan melalui Program Ekonomi Nasional (PEN) 2021 yang sebesar Rp699,43 triliun.

Selain itu, dia melanjutkan, mendorong peningkatan daya saing keuangan syariah menjadi satu kekuatan ekonomi besar untuk bangsa Indonesia melalui Bank Syariah Indonesia.

"Sudah saatnya umat untuk diajak mewujukan kemandirian ekonomi dengan berwirausaha memanfaatkan fasilitas pembiayaan berbasis syariah yang ada," jelas Airlangga.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya