Anindya Bakrie Ungkap Isi Pertemuan Kadin Daerah dengan Luhut

Anindya Bakrie Bertemu dengan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Anindya Novyan Bakrie menyampaikan isi pertemuan pengurus Kadin daerah dengan Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Pertemuan berlangsung di kantor Kementerian Maritim dan Investasi pada Senin, 29 Maret 2021.

Soal Utang Rafaksi Minyak Goreng ke Pengusaha, Kemendag: Mudah-mudahan Mei Selesai

“Kita bicara mengenai berbagai macam kesempatan investasi pasca COVID-19. Dengan adanya stimulus PEN (pemulihan ekonomi nasional), turunan dari UU Cipta Kerja. Mereka menanyakan kepada Pak Menko, apa nih yang bisa dikerjasamakan terutama lewat Kadin," kata Anindya Bakrie usai pertemuan.

Menurut dia, Luhut menyampaikan banyak sekali peluang yang bisa diproyeksikan untuk kerjasama antara pemerintah dengan Kadin. Misalnya, food estate yang saat ini sedang digarap oleh Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dukung Stabilitas Politik, Kadin Indonesia Hormati Putusan MK soal Sengketa Pilpres 2024

“Jadi, saya lihat dengan seperti ini, akan sangat besar dampaknya bagi perekonomian,” ujar calon Ketua Umum Kadin ini.

Menurut dia, saat ini memang situasi di daerah maupun Indonesia sedang sulit. Misalnya, likuiditas dari perbankan sangat tinggi meskipun teman-teman di daerah masih mendapatkan tetesannya sehingga perekonomian bisa bergerak. 

Proyek Kereta Cepat Dilanjutkan Sampai Surabaya, Luhut Bentuk Tim Percepatan dengan China

"Di sinilah kita percaya, bahwa memang Kadin itu harus bisa tumbuh kembali pasca COVID-19, tapi tumbuhnya bareng-bareng,” jelas dia.

Selanjutnya, Anindya mengatakan Menteri Luhut juga mengingatkan agar Kadin naik kelas. Dalam pertemuan, kata dia, dibahas mengenai kawasan industri, kawasan industri turisme, produk lain pariwisata di Bali, hingga berbagai macam hal infrastruktur. “Hal inilah yang memang kita mesti naik kelas,” katanya.

Pun, Anindya mengatakan Menteri Luhut meminta supaya Kadin harus lebih fokus bisa membantu UMKM menjadi maju. Sebab, zaman sekarang UMKM itu berbeda dengan UMKM zaman dahulu yang size cukup besar. 

Maka itu, kata dia, Luhut meminta agar Kadin seluruh daerah dikumpulkan nanti untuk mendengarkan paparan langsung dari pemerintah.

“Jadi, Pak Menko mengatakan tolong kumpulkan teman Kadin provinsi lain untuk bisa dapat paparan langsung dari beliau. Mudah-mudahan sebelum puasa kita atur waktunya, sehingga Kadin dapat bermitra lebih erat lagi dengan pemerintah. Karena memang fungsi Kadin adalah mitra strategis pemerintah," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya