Ahok: Investigasi Kebakaran Kilang Minyak Balongan Usai Api Padam

Komut Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengunjungi kilang Balongan
Sumber :
  • Instagram @pertamina

VIVA – Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahja Purnama alias Ahok menyebutkan hingga kini masih ada dua lokasi titik api yang menyala di kawasan kilang minyak Pertamina Balongan Indramayu, Jawa Barat.

Tempat Latihan Manchester United Jadi Lokasi Investigasi Pembunuhan

"Iya ada dua tangki masih menyala," kata Basuki Tjahja Purna melalui pesan singkat kepada VIVA di Jakarta, Rabu, 31 Maret 2021.

Ahok, sapaan akrabnya tak menjelaskan detail nama dua tangki yang masih terbakar tersebut hingga saat ini.

Penyebab Ledakan Gudmurah Kodam Jaya Masih Misteri, Tim Investigasi Dibentuk

Kendati begitu, Ahok menuturkan, setelah api Balongan itu sudah padam maka akan dilakukan investigasi oleh aparat keolisian untuk mengetahui apa penyebab dari kejadian kebakaran tersebut.

"Investigasi baru bisa masuk dari kepolisian setelah api padam dan dingin," ujarnya.

Catatan Medis Kate Middleton Bocor, Istana Lakukan Investigasi

Untuk dikeatui, telah terjadi insiden di Kilang Pertamina Balongan yang menyebabkan terjadinya kebakaran pada tangki T-301G pada Senin 29 Maret 2021 mulai sekitar pukul 00.45 WIB dini hari.

Saat ini tim HSSE Kilang Pertamina Balongan tengah fokus melakukan pemadaman api di kilang yang berlokasi di Desa Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

"Penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti, namun pada saat kejadian sedang turun hujan deras disertai petir," kata Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional, Ifki Sukarya dalam keterangnya di Jakarta. 

Kata dia, saat ini juga tengah dilakukan normal shutdown untuk pengendalian arus minyak dan mencegah perluasan kebakaran. Pertamina telah menyiapkan tempat untuk evakuasi dan pengungsian sementara bagi warga sekitar di GOR Perumahan Bumi Patra dan Pendomo Kabupaten Indramayu.

"Pertamina meminta warga sekitar untuk tetap tenang, dan menjauh dari lokasi kebakaran," ujarnya. 

Dengan adanya insiden ini, lanjut dia, Pertamina memastikan bahwa pasokan BBM ke masyarakat tidak terganggu dan saat ini masih berjalan normal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya