Jokowi Resmikan 2 Ruas Tol yang Dinantikan Warga Jakarta dan Tangerang

Presiden Jokowi Resmikan Tol Serpong-Cinere dan Cengkareng-Kunciran.
Sumber :
  • Repro video.

VIVA – Presiden Joko Widodo meresmikan gerbang tol Pamulang yang berada di Tangerang Selatan, Banten. Keberadaan tol ini disebut telah dinanti masyarakat, khususnya yang berdomisili di Tangerang, Tangerang Selatan dan Jakarta Selatan.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Peresmian itu sekaligus meresmikan membuka operasional Jalan Tol Serpong-Cinere, dalam hal ini melintasi Serpong-Pamulang. Dan juga peresmian operasional jalan tol Cengkareng-Batu Ceper dan Kunciran.

"Dan pengoperasian jalan tol sangat dinantikan oleh masyarakat," kata Jokowi saat meresmikan jalan tol tersebut di Gerbang Tol Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Kamis 1 April 2021.

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

Baca juga: 4 Bandara Ini Sudah Layani Pemeriksaan GeNose

Menurut Jokowi, dua ruas jalan tol ini melengkapi jaringan jalur bebas hambatan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta II atau dikenal JORR II. Tentunya pembangunan infrastruktur tersebut membantu mobilitas masyarakat, khususnya yang berada di Jabodetabek.

3 Faktor Pemicu Approval Rating Jokowi Masih Tinggi Versi Survei LSI

"Karena dapat menjadi alternatif bagi masyarakat, khususnya masyarakat Jawa Barat, dan Jakarta bagian Selatan untuk menuju Bandara Soekarno-Hatta," tutur Kepala Negara.

"Memecahkan kemacetan lalu lintas yang selama ini menumpuk di kota Jakarta dan melancarkan mobilitas (para) komuter baik Jakarta maupun kot -kota lain di sekitar Jakarta," sambung Presiden.

Seperti diketahui, Jalan Tol Serpong-Cinere masuk ke dalam jaringan Jalan Tol JORR II, yang memiliki panjang keseluruhan 10,14 Km. Jalan tol ini terbagi menjadi dua Seksi, yaitu Seksi 1 Serpong-Pamulang sepanjang 6,59 Km dan Seksi 2 Pamulang-Cinere sepanjang 3,55 Km.

Jalan tol ini akan memiliki total 4 Gerbang Tol (GT), yakni GT Pamulang, GT Serpong 5, GT Serpong 6, dan GT Serpong 7. Selain itu, jalan tol ini dilengkapi dengan 1 Junction, yakni Serpong Junction yang merupakan pertemuan antara Jalan Tol JORR II dengan Jalan Tol Serpong-Pondok Aren dan 1 Simpang Susun di wilayah Pamulang.

Hadirnya Jalan Tol Serpong-Cinere ini diharapkan dapat menjadi jalur alternatif bagi pengguna jalan yang menuju Bandara Soekarno-Hatta, serta dari arah Tangerang Selatan menuju Jakarta (Via ruas Tol Serpong-Kunciran). Sementara itu, Tol Cengkareng - Kunciran 14,19 kilometer.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya