Investigasi Kilang Balongan Dipercepat, Pertamina Siapkan Sanksi Tegas

Pertamina berhasil padamkan seluruh api di kilang balongan
Sumber :
  • Pertamina

VIVA – PT Pertamina (persero) memastikan akan mempercepat proses investigasi dari terbakarnya tanki T-301 di area kilang minyak Balongan Indramayu. Saat ini, Pertamina juga memastikan investigasi tersebut sedang berlangsung.

Motoris Pertamina Sudah Layani 37 Panggilan Kendaraan Pemudik Habis BBM di Tol

Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina, Agus Suprijanto mengatakan usai pemadaman api dari tangki T-301, pihaknya juga memastikan proses pengoperasian kembali Kilang Balongan akan segera dilaksanakan.

Menurut dia, hal tersebut sesuai dengan arahan Dewan Komisaris PT Pertamina pada rapat koordinasi antara Dewan Komisaris dan Direksi yang berlangsung pada pagi hari ini. 

Harga Minyak Dunia Naik Buntut Konflik Israel-Iran, Pertamina Pastikan Harga BBM Tak Naik

"Keputusan tersebut merupakan wujud komitmen Pertamina dalam penerapan prinsip zero tolerance terhadap setiap insiden yang terjadi di lingkungan Pertamina," jelas Agus dalam keterangan tertulisnya, Kamis 1 April 2021.

Selain itu, Agus menuturkan sesuai kebijakan direksi dan arahan Dewan Komisaris, Pertamina mendukung penuh proses investigasi yang dilakukan pihak berwenang. Bahkan, Manajemen akan memberikan sanksi tegas bila ditemukan ada unsur kelalaian.

Konsumsi BBM Pertamina Meningkat 42 Persen di Sumut saat Mudik Lebaran 2024

Lebih lanjut, Agus menjelaskan bahwa sejak insiden terjadi, Pertamina telah membentuk tim investigasi internal yang bekerja sama dengan aparat penegak hukum (APH). Pertamina membuka seluas-luasnya akses kepada APH untuk melakukan investigasi.

"Tim ini akan berkoordinasi dengan pihak aparat untuk melakukan investigasi hingga tuntas. Dewan komisaris dan Direksi tidak mentolerir jika ada kelalaian di lapangan," ujar Agus.

Pengisian BBM Pertamax (dok Pertamina)

Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024, Konsumsi Pertamax Series Naik 9 Persen

Pertamina mencatat konsumsi Gasoline yaitu Pertamax series naik 9,6 persen pada periode 24 Maret hingga 15 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024