Mentan Jamin Ketersediaan Daging Saat Ramadan dan Idul Fitri Aman

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Zahrul Darmawan (Depok)

VIVA – Kementerian Pertanian menjamin stok atau ketersediaan kebutuhan pokok, seperti daging dan sayuran terkendali pada Ramadan sampai Idul Fitri nanti.

Saksi Ungkap SYL Setoran Uang Bulanan ke Istri Hingga Puluhan Juta

“Insya Allah bisa kita kendalikan dan mudah-mudahan bisa kita amankan sesuai standar yang ada bahwa setiap terjadi suplai demand karena kebutuhan sangat tinggi maka fluktuasi harga akan terjadi,” kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat meninjau salah satu toko daging di Depok, Jawa Barat, Senin, 5 April 2021.

Namun demikian, ia tak menampik adanya dinamika dalam setiap situasi. “Dinamikanya pasti ada, tetapi dalam range-range kita berharap bisa dikendalikan.”

Bukan Cuma Rancang Busana, IFPC Lahirkan Pengusaha Mode Muda Indonesia

Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kebutuhan daging, Syahrul pun berjanji akan berusaha semaksimal mungkin, salah satunya dengan mendekatkan produsen ke pasar.

“Ramadan itu kebutuhan paling tinggi daging, dalam bentuk daging beku akan siap, dalam daging besar akan kita datangkan dari berbagai tempat untuk memenuhi kebutuhan dasar kita,” ujarnya.

Daftar Harga Pangan 23 April 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Turun

Terkait stabilitas harga, lanjut Syahrul, pihaknya akan bekerja sama dengan Menteri Perdagangan. “Kalau memang masih terjadi loncatan harga tentu operasi pasar akan kita lakukan, tetapi dinamikanya sepanjang range tetap terkendala berapa persen dan lain-lain itu tentu adanya di setiap daerah menentukan itu maka kita pada posisi menyiapkan stok yang ada," ujarnya.
 

Ilustrasi harga pangan.

Daftar Harga Pangan 25 April 2024: Bawang Merah hingga Daging Sapi Naik

Harga komoditas pangan beberapa masih mengalami kenaikan. Hal itu terjadi pada bawang merah, cabai merah keriting, daging sapi, dan gula konsumsi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024